Tahukah Anda seberapa cepat ingatan kita terhadap informasi baru yang kita baca dan pelajari “menguap” dan hilang seiring dengan berjalannya waktu?

Hubungan Tingkat Ingatan dan Waktu

Seorang psikolog bernama Hermann Ebbinghaus (1885) membuat sebuah hipotesa mengenai proyeksi hilangnya ingatan dari hal baru yang kita pelajari seiring berjalannya waktu.

Bila digambarkan dalam sebuah grafik, maka kira-kira bentuknya adalah seperti dibawah ini:

kurva-ingatan-vs-waktu

Kurva ini menunjukkan bagaimana persentase ingatan (sumbu x) terhadap sebuah informasi baru secara alami akan hilang seiring berjalannya waktu (sumbu y) jika tidak ada usaha seseorang untuk mempertahankannya.

Ketika kita belajar informasi baru, kondisi terbaik kita paling ingat (100%) adalah saat kita baru saja selesai mempelajarinya. Seiring berjalannya waktu, ingatan akan informasi baru itu akan turun, melemah hingga menjadi lupa (0%) hanya dalam waktu sekitar 3 bulan saja.

Lalu bagaimana cara agar Anda dapat terhindar dari hal ini?

Cara terbaiknya adalah dengan melakukan pengulangan (Review).

Strategi Pengulangan (Review) yang Efektif

Pengulangan membantu mengurangi dampak hilangnya ingatan kita akan informasi baru seiring berjalannya waktu. Anda perlu membuat beberapa pengulangan sehingga sebuah informasi sanggup menempel selamanya dalam otak Anda.

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk dapat mengingat lebih lama apapun yang Anda baca dan pelajari.

1. Mengulang segera apa yang Anda baca dan pelajari

Pengulangan pertama segera setelah selesai mempelajari sesuatu akan memperkuat persentase informasi yang Anda kuasai. Ini adalah tahapan pengulangan paling penting.

Jangan sia-siakan waktu yang Anda habiskan untuk belajar sesuatu dengan tidak mengulangnya segera setelah selesai.

Cukup 5 menit pengulangan akan membantu informasi dapat diingat penuh sampai 24 jam berikutnya.

2. Menuliskan ulang apa yang Anda baca dan pelajari

Menulis dan mengorganisasikan catatan Anda adalah salah satu cara yang baik untuk mengulang sebuah informasi.

Menulis ulang dengan susunan kata-kata Anda sendiri adalah salah satu cara efektif untuk memperkuat apa yang telah Anda pelajari.

3. Mengajarkan atau minimal menceritakan ulang apa yang Anda baca dan pelajari kepada orang lain

Mengajarkan atau menceritakan kembali adalah bentuk pengulangan yang lebih kompleks dari sekedar menuliskan ulang.

Mengajarkan atau menceritakan ulang akan memperjelas dan memperdalam pemahaman dari apa yang Anda pelajari sekaligus menjadi sebuah pengulangan otomatis untuk ingatan Anda.

4. Menjadwalkan untuk mengulang secara berkala apa yang Anda baca dan pelajari

Setelah melakukan pengulangan pertama segera sehabis mempelajari informasi baru, pengulangan kedua dapat dilakukan sehari setelahnya.

Pengulangan ini juga sangat penting karena informasi telah diendapkan lewat tidur malam. Ini akan membantu menguasai informasi hingga paling tidak seminggu ke depan atau lebih.

Pengulangan ketiga sebaiknya dilakukan seminggu setelah Anda membaca atau belajar sesuatu. Ini akan memperkuat efek daya ingat kira-kira sampai sebulan ke depan.

Pengulangan berikutnya perlu dilakukan dalam tempo sebulan dan tiga bulan. Setelah itu dilakukan, maka apa yang tadinya Anda ingat dalam jangka pendek sekarang akan masuk ke ingatan jangka panjang.

Informasi yang disimpan dengan cara ini akan sulit sekali terlupakan karena semakin terinternalisasi ke dalam diri Anda.

Bayangkan, Anda cukup menghabiskan waktu 5-10 menit saja dalam satu kali pengulangan. Dengan menginvestasikan waktu yang singkat tersebut dalam beberapa kali pengulangan,

Anda akan menghemat waktu yang banyak dibandingkan Anda harus membaca ulang karena sudah hampir lupa semuanya.

Dengan cara ini ingatan Anda akan selalu terbarui dan tidak akan lupa apa yang sudah Anda baca dan pelajari.

kurva-pengulangan

Jangan sia-siakan waktu yang Anda habiskan untuk membaca dan belajar dengan tidak mengulangnya. Kebiasaan mengulang yang teratur lama kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Jika hal itu sudah dilakukan, maka apapun yang Anda pelajari Insya Allah dapat diingat bertahun-tahun seolah-olah Anda baru mempelajarinya kemarin sore.

Ikuti Training Membaca Cepat Tatap Muka Jakarta – Sabtu, 13 Desember 2014

Pengulangan atau review merupakan salah satu strategi belajar yang juga diajarkan dalam training membaca cepat yang kami selenggarakan.

Anda dapat mempelajari berbagai teknik dan strategi membaca dan juga cara belajar lainnya yang tidak kalah penting untuk pengembangan keterampilan belajar (learning skills) Anda.

Segera daftarkan diri Anda pada training membaca cepat paling komprehensif di Indonesia ini di sini.

Ilustrasi grafik diambil dari: wired.com