Pernahkah Anda merasa waktu berjalan dengan sangat cepat di kantor? Saat pagi Anda datang, langsung membuka komputer dan membaca e-mail dari beberapa orang, seperti dari si bos, rekan kerja, klien dan mungkin juga e-mail pribadi. Setelah itu, Anda harus segera membalas beberapa e-mail yang penting. Tanpa terasa, membaca dan membalas e-mail itu ternyata menghabiskan waktu yang cukup banyak. Jadinya, beberapa pekerjaan yang juga penting juga harus tertunda.

Kalau itu terjadi pada Anda, tentu Anda ingin segera mencari jalan keluarnya. Anda ingin agar kewajiban dan membalas e-mail yang masuk tidak terlalu menyita waktu Anda. Memang itu termasuk salah satu job desc Anda. Agar bisa memberikan jawaban yang memuaskan untuk bos atau klien, tentu Anda harus membaca isi semua e-mail yang masuk itu dengan baik.

Mungkin, karena semua e-mail itu Anda baca begitu Anda tiba di kantor, jadinya Anda kurang konsentrasi. Mungkin Anda belum sarapan, sehingga harus membaca dan membalas e-mail sambil sarapan. Atau Anda memikirkan masih ada beberapa pekerjaan penting lain yang harus diselesaikan, jadi Anda tidak fokus selama membaca e-mail. Akibatnya, Anda mungkin harus berulang-ulang membaca sebuah e-mail yang mungkin isinya kurang Anda mengerti.

 

Mungkin Cara membaca Anda yang Kurang Tepat

cara memudahkan pekerjaan di kantor

Ketika sedang membaca semua e-mail yang masuk, coba perhatikan bagaimana cara Anda membaca. Apakah Anda membaca dengan melafalkan apa yang Anda baca, meski itu Anda lakukan tanpa suara alias membaca dalam hati? Atau, apakah apakah Anda membaca e-mail tersebut berulang-ulang untuk memastikan apa isi atau maksudnya?

Jika itu yang Anda lakukan ketika membaca e-mail, tidak mengherankan jika akhirnya Anda merasa bahwa Anda membutuhkan waktu terlalu banyak, untuk membaca dan membalas e-mail tersebut. Cara membaca yang Anda lakukan itu memang tidak efektif.

Membaca dengan melafalkan seluruh kata-kata yang Anda baca dan membaca berulang-ulang termasuk kebiasaan buruk dalam membaca. Selain itu masih ada beberapa kebiasaan buruk lain yang banyak dilakukan oleh orang-orang ketika membaca. Mungkin Anda juga salah satu yang melakukannya, yaitu membaca dengan menggerakkan bibir atau menggerakkan kepala. Secara tidak langsung, kebiasaan membaca seperti itu akan membuat waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

 

Gunakan Teknik Membaca Cepat

teknik membaca cepat untuk karyawan

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki cara membaca Anda? Apalagi kebiasaan membaca seperti itu sudah Anda lakukan selama bertahun-tahun, sejak Anda mulai bisa membaca sampai sekarang. Selama ini, Anda juga merasa tidak ada masalah dengan cara baca yang seperti itu. Apakah kebiasaan cara membaca bisa diperbaiki?

Bisa, jika Anda memang mau untuk melakukannya. Anda bisa mempelajari cara membaca yang lebih efektif, yaitu dengan teknik membaca cepat. Selain bisa lebih mempersingkat waktu untuk membaca, teknik membaca cepat juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

1. Untuk memilah informasi penting

Meningkatkan pemahaman baca

Mungkin klien atau bos Anda mengirimkan e-mail yang isinya cukup panjang. Padahal, tidak semua isi e-mail tersebut relevan atau penting untuk dibaca. Dengan menguasai teknik membaca cepat, maka Anda bisa memutuskan mana isi e-mail yang relevan atau penting untuk Anda baca, lalu kemudian Anda balas, dan mana yang tidak terlalu penting atau tidak terlalu relevan.

2. Untuk menguasai informasi

rahasia menyelesaikan pekerjaan tugas

Setelah Anda memilah mana isi e-mail yang penting atau tidak, maka dengan teknik membaca cepat ini Anda akan terbantu untuk menguasai informasi dengan lebih cepat dan lebih baik. Kalau biasanya mungkin Anda membutuhkan waktu untuk membaca satu e-mail sekitar 10 sampai 15 menit, maka nanti Anda akan bisa membaca e-mail tersebut dengan lebih cepat, hingga tidak lebih dari 5 menit. Anda akan lebih menghemat waktu untuk membaca dan membalas semua e-mail yang masuk. Waktu yang Anda hemat itu bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas penting lainnya.

3. Untuk meningkatkan pemahaman

efektif membaca cepat email

Teknik membaca cepat juga akan membuat pemahaman seseorang menjadi lebih baik. Jadi, Anda tidak hanya akan bisa memilah mana informasi yang penting atau tidak ketika membaca e-mail, namun Anda juga akan mampu memahaminya dengan lebih cepat. Dengan begitu, maka Anda juga akan lebih dapat memahami apa yang sebaiknya Anda lakukan terhadap semua e-mail yang masuk. Apakah memang harus segera Anda balas atau bisa ditunda. Jika memang harus segera dibalas, Anda juga akan memahami balasan seperti apa yang paling tepat untuk Anda kirimkan kepada si pengirim e-mail tersebut.

Menguasai teknik membaca cepat akan lebih efektif jika Anda juga memahami apa yang disebut dengan mind map. Dengan menguasai kedua hal tersebut, maka semua tugas yang berhubungan dengan membaca dapat Anda lakukan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Anda bisa mempelajari teknik membaca cepat lewat buku yang bisa Anda unduh di sini. Atau jika Anda ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kedua hal tersebut, Anda bisa mengikuti training Membaca Cepat & Mind Map yang diselenggarakan oleh Presenta Edu.

Dengan mengikuti pelatihan ini, maka Anda akan mendapatkan ilmu mengenai teknik membaca cepat dan mind mp, sekaligus juga mengikuti simulasi interaktif dan praktek langsung bersama trainer ahli di kedua bidang tersebut.