Membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Banyak orang sadar akan hal itu. Namun sayang, terkadang lingkungan kita tidak selalu mendukung.

Ada saja gangguan yang membuat kita tidak bisa maksimal dalam membaca. Gangguan-gangguan tersebut bisa berasal dari luar, bisa pula berasal dari dalam diri kita.

Dibandingkan dengan gangguan dari dalam, gangguan-gangguan dari luar atau eksternal biasanya lebih kuat dan terasa pengaruhnya.

Berikut beberapa gangguan eksternal utama dalam membaca dan belajar serta bagaimana cara mengatasinya.

1. Ponsel

 

ponsel

Keberadaan ponsel menghadirkan berbagai potensi gangguan terhadap niat untuk membaca.

Semakin canggih ponsel kita, semakin banyak keinginan yang ditimbulkannya.

Keinginan untuk bermain game, browsing, update media sosial dan sebagainya membuat kita sulit berkonsentrasi saat memutuskan akan membaca atau belajar.

Solusi terbaik mengatasi gangguan ini adalah dengan mematikan ponsel Anda. Disiplinkan diri Anda dengan mematikan ponsel, saat Anda menghabiskan waktu secara khusus untuk membaca atau belajar.

Cara ini akan membantu Anda untuk fokus pada bacaan dan bahan yang sedang dipelajari.

2. Televisi

 

televisi

Disamping mendapatkan informasi, kegiatan menonton televisi biasanya kita lakukan untuk mencari hiburan. Banyak acara televisi dirancang untuk membuat penontonnya merasa rileks.

Tak mengherankan bila televisi sering menjadi gangguan terbesar usaha kita untuk membaca atau belajar. Terutama bila ruangan atau tempat membaca Anda berdekatan dengan ruangan keluarga, dimana televisi biasa menyala.

Jangan biarkan perhatian Anda terpapar pada dua hal sekaligus. Selain otak Anda akan cepat lelah, materi yang tengah dibaca juga akan sulit dipahami. Akibatnya, Anda tidak akan kunjung menyelesaikan bacaan.

Agar mendapatkan hasil maksimal, matikan atau minimal jauhkan televisi dari diri Anda. Dengan begitu Anda lebih dapat memfokuskan diri pada bacaan yang dihadapi.

3. Komputer / Laptop

 

laptop

Bila Anda tidak mampu bersikap, komputer atau laptop bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Saat belajar, pastikan hanya halaman-halaman yang relevan untuk dipelajari yang terbuka. Fokuskan diri Anda pada materi-materi yang memang ingin dibaca atau dipelajari.

Matikan semua fasilitas on-line seperti facebook, yahoo, dan lainnya yang menggiring Anda untuk melenceng dari tujuan. Kendalikan diri Anda untuk tidak membuka game, youtube, atau situs-situs hiburan lain yang cenderung menghabiskan waktu Anda.

4. Keluarga dan Teman-Teman

 

keluarga-dan-teman

Berkumpul bersama keluarga dan teman-teman bisa jadi momen yang menyenangkan. Namun hal itu bisa jadi saat yang menyulitkan, bila Anda harus tetap berkonsentrasi pada bacaan. Misalnya karena besok Anda harus menghadapi ujian atau rapat penting.

Sulit memang untuk menghindari gangguan bila anggota keluarga atau teman-teman Anda tidak tahu dan mau memahami kesulitan Anda.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan belajar untuk mengisolasi diri. Terutama bila Anda mendapatkan kenyataan bahwa teman-teman keluarga Anda sulit memahami kebutuhan Anda.

Pilihlah tempat yang meminimalkan gangguan, seperti sudut ruangan, di balik lemari, dan sebagainya yang cukup terisolasi dari keramaian

Bersikaplah ramah namun tegas pada ajakan keluarga atau teman-teman yang tidak terlalu penting dan waktunya bisa digantikan dengan aktifitas membaca atau belajar.

5. Kebutuhan Fisik

 

makanan-minuman

Aktivitas membaca, apa lagi dalam waktu lama, membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Tubuh yang lelah, mengantuk, lapar ataupun haus akan mengurangi motivasi dan konsentrasi Anda saat membaca.

Demikian pula adanya berbagai dorongan refleks tubuh, seperti keinginan untuk buang air, haus, dan sebagainya yang akan membuat Anda sering beranjak dari kursi. Akibatnya, konsentrasi membaca Anda sering buyar.

Cara mensiasati hal ini adalah dengan memilih waktu dimana Anda benar-benar dalam kondisi yang fit untuk membaca. Upayakan berbagai tindakan antisipasi sebelum Anda mulai membaca.

Penuhi terlebih dahulu kebutuhan fisik Anda sebelum membaca. Isilah perut dengan makanan dan minuman yang cukup. Ada baiknya juga Anda letakkan sedikit kudapan dan secangkir minuman di meja baca agar mudah dijangkau.

Tak mudah memang untuk melakukan solusi yang disarankan. Namun dengan terus berlatih, kemampuan Anda mengatasi gangguan eksternal untuk berkonsentrasi akan semakin terasah. Dengan begitu waktu berharga untuk membaca yang Anda punya akan semakin optimal digunakan nantinya.

 

Penulis:

dedes-eka-riniDedes Eka Rini. Dedes adalah ibu dan guru bagi kedua anaknya dan berprofesi sebagai penulis. Ia sudah menulis beberapa buku. Kebanyakan terinspirasi pengalamannya saat bekerja sebagai wartawan, dosen, dan guru.

Ia aktif pula mengembangkan diri lewat menerjemahkan buku-buku bertema pengenalan dan pengembangan diri di Indonesia.