Apa yang Anda lakukan ketika merasa lelah saat bekerja dan Anda butuh istirahat sejenak? Hanya diam sambil menatap layar monitor, ngobrol dengan rekan kerja, main game atau medsos, tidur sebentar, atau membaca buku? Dari beberapa orang yang ditanya mengenai hal ini, hampir tidak ada yang memanfaatkan waktu istirahatnya untuk membaca.

Malas membaca adalah alasan yang paling utama. Tidak heran. Menurut survei yang dilakukan UNESCO, minat baca orang Indonesia ada di urutan ke-60 dari semua penduduk di dunia ini.

Alasan lainnya adalah, banyak yang menganggap bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan yang melelahkan. Membaca adalah kegiatan serius yang membuat otak bekerja.

Mungkin memang benar, jika yang dibaca adalah buku-buku yang isinya memang ‘berat’. Ketika Anda lelah bekerja, lalu pas istirahat Anda membaca buku tentang mekanika, tentu akan membuat otak semakin lelah.

Tapi, pernahkah Anda berpikir untuk membaca novel ketika sedang beristirahat, saat lelah bekerja?

Hanya sedikit yang melakukannya. Kalau membaca buku ‘berat’ bisa membuat badan semakin lelah, membaca novel sering dianggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu.

Padahal, banyak manfaat dari kegiatan membaca novel ini untuk tubuh Anda.

1. Membaca novel dapat membantu Anda mengurangi stres

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sussex menunjukkan bahwa membaca novel dalam waktu 6 menit saja, dapat mengurangi kadar stres hingga 68 persen. Saat membaca novel, denyut jantung diketahui melambat dan ketegangan otot juga berkurang.

2. Dengan membaca novel, kerja otak Anda bisa meningkat

Jurnal Brain Connectivity pernah mempublikasikan sebuah penelitian, bahwa ketika Anda membaca novel, maka Anda akan bisa menempatkan diri Anda pada posisi orang lain dan imajinasi Anda juga berkembang. Kedua hal ini diketahui dapat meningkatkan kerja otak.

Selain itu, kemampuan menempatkan diri pada posisi orang lain dapat juga meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan untuk berbelas kasih kepada orang lain.

manfaat membaca novel

3. Daya ingat Anda akan meningkat

Seorang psikolog, Anne Cunningham, mengatakan bahwa kegiatan membaca dapat membantu otak untuk menyimpan informasi. Orang yang suka membaca biasanya tidak akan mudah pikun. Tentu saja tidak hanya membaca buku-buku pengetahuan, tapi juga termasuk membaca novel.

4. Membaca novel bisa membantu melindungi otak

Hal ini masih berkaitan dengan poin di atas. Selain daya ingat meningkat, kegiatan membaca akan melindungi otak dari cacat mental saat Anda memasuki usia lanjut. Membaca dan menulis diketahui membuat otak menjadi rileks.

Itulah beberapa manfaat dari membaca novel.

Tapi, ada juga yang berpikir bahwa membaca novel justru dapat menurunkan semangat kerja. Hal itu bisa terjadi jika cerita dalam novel tersebut sangat menarik dan membuat Anda jadi tidak bisa berhenti membacanya. Konsentrasi Anda bisa terganggu. Kalau novelnya tipis, mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah.

Bagaimana kalau novelnya lebih dari 500 halaman? Bisa-bisa Anda diomeli atasan Anda karena mengabaikan banyak pekerjaan akibat terlalu lama membaca novel. Tapi kalau kelamaan membacanya, bisa-bisa Anda kehilangan mood untuk menyelesaikan novel itu.

Semua itu bisa diatasi dengan kemampuan membaca cepat. Kalau Anda mengetahui teknik membaca cepat, maka Anda bisa menyelesaikan semua bahan bacaan dengan lebih cepat.

Apalagi, teknik membaca dapat digunakan untuk membaca apa saja, mulai dari surat kabar, e-mail, buku, bahkan komik. Termasuk untuk membaca novel.

Dengan teknik membaca cepat, maka Anda bisa memahami bahan bacaan itu dengan lebih cepat. Selain itu, Anda juga akan dapat menggerakkan mata lebih cepat, sehingga novel itu bisa Anda selesaikan dalam waktu yang lebih singkat

Kalau novel itu bisa Anda selesaikan dalam waktu singkat, tentu Anda tidak akan berlama-lama penasaran. Novel bisa Anda selesaikan dengan cepat. Otak rileks, hati terhibur dan Anda akan dapat bekerja lagi dengan lebih baik.

Teknik membaca cepat ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Syaratnya hanya satu, yaitu bisa membaca. Cara belajarnya juga mudah.

Kalau Anda ingin mempelajari teknik membaca cepat, Anda bisa melakukannya secara offline atau online. Anda dapat mencari informasinya di sini.