membaca-dengan-teknik-scanning

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan efektif membaca adalah penguasaan strategi dan teknik membaca yang tepat sesuai dengan tujuan dan jenis bahan bacaan yang Anda hadapi.

Seorang pembaca cepat yang baik adalah juga seorang pembaca yang fleksibel.

Seorang pembaca yang dapat menyesuaikan kecepatan baca dan juga strategi dan teknik apa yang paling tepat dipakai dalam menguasai sebuah bahan bacaan.

Dengan begitu seorang pembaca cepat bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dari suatu bahan bacaan dalam waktu yang lebih singkat.

 

Teknik scanning penting dikuasai dalam kegiatan membaca Anda sehari-hari

Salah satu teknik membaca yang perlu dikuasai oleh Anda dalam kegiatan membaca sehari-hari adalah scanning.

Scanning adalah teknik membaca dengan sekilas untuk menemukan sebuah informasi tertentu dalam sebuah bacaan dengan cepat dan akurat.

Dalam kegiatan membaca sehari-hari teknik scanning dapat digunakan untuk hal-hal berikut:

1. Mencari nomor telepon di buku telepon

2. Mencari entri kata tertentu dalam kamus

3. Mencari halaman dalam daftar isi majalah / buku

4. Mencari keterangan tentang suatu istilah dalam ensiklopedia

5. Mencari entri atau rujukan sesuatu hal pada indeks atau glossarium buku

6. Mencari data dalam suatu publikasi statistik atau industri

7. Mencari acara siaran TV, jadwal perjalanan, jadwal praktek dokter, dan sebagainya.

Dalam melakukan scanning Anda akan langsung membaca bagian tertentu dari suatu bacaan yang berisi informasi yang diperlukan tanpa memperhatikan bagian-bagian lain yang dianggap tidak terkait atau tidak relevan.

 

Strategi membaca dengan teknik scanning

Strategi yang baik digunakan sebelum teknik scanning dilakukan adalah menentukan informasi spesifik apa yang Anda butuhkan dan mengetahui lebih dahulu bagaimana sebuah informasi disusun dan distrukturkan.

Materi bacaan yang bisa kita scanning biasanya disusun berdasarkan:

1. Alafabet: materi disusun dalam urutan A-Z (contoh: kamus, buku telepon)

2. Kronologis: materi disusun dalam nomor urut atau urutan waktu (contoh: daftar isi buku/ majalah, jadwal siaran tv)

3. Kategori: materi disusun berdasarkan suatu kategori (contoh: jadwal praktek dokter, buku manual kendaraan)

Scanning dilakukan dengan menjaga konsentrasi dan perhatian Anda akan suatu kata kunci dari informasi yang kita cari sembari melakukan penelusuran dengan cepat.

Dengan mengetahui bagaimana sebuah materi bacaan scanning disusun, Anda dapat dengan mudah mengatur arah pergerakan mata Anda dalam pencarian dan penelusuran bacaan.

Cara lain untuk membantu efektivitas teknik scanning adalah dengan menggunakan alat bantu berupa jari atau alat tulis Anda yang bisa digunakan dalam memandu pergerakan mata dan menjaga kecepatan telusur yang lebih cepat dan konsisten.

 

Pentingnya pandangan periferal yang lebar untuk efektivitas scanning

Latihan dan praktek memperlebar pandangan periferal (peripheral vision) juga dapat membantu Anda untuk melakukan scanning dengan lebih baik.

Pandangan periferal yang lebih lebar akan membantu Anda mengenali dengan lebih cepat teks di sebelah kanan kiri atau bagian atas bawah dari teks utama yang Anda lihat secara sekilas saat melakukan scanning.

Scanning juga menjadi teknik yang powerful untuk menguasai dengan cepat gambaran besar sebuah buku tebal jika Anda dapat menggabungkannya dengan teknik skimming.

Dengan menguasai kedua teknik ini Anda akan sanggup menjadi pembaca cerdas yang lebih fleksibel dan terampil.

Anda juga dapat mengembangkan beragam strategi dan teknik khusus untuk membaca berbagai bahan bacaan berbeda yang Anda hadapi setiap hari.

Salah satu cara belajar berbagai strategi dan teknik membaca cepat tersebut adalah dengan belajar langsung secara tatap muka dengan ahlinya.

Ikuti Training Intensif Sehari Membaca Cepat Sabtu, 04 Oktober 2014 di Jakarta

Dalam training intensif sehari ini Anda dapat belajar langsung dengan beragam simulasi interaktif dan praktek langsung yang bisa Anda gunakan setelah training selesai.

Bagi Anda yang berminat dan serius ingin menguasai keterampilan ini, Anda dapat langsung mendaftarkan diri Anda dalam program early bird sebelum 10 September 2014 DI SINI.

Mari jadikan proses membaca cepat menjadi alami dan menyatu dalam diri Anda sehari-hari.

Photo Credit: ebook by Daniel Sancho