Melatih Pergerakan Mata Dalam Membaca Cepat

Setelah Anda sering berlatih mengenali kata dan mengenali frasa dalam membaca, tentunya Anda sudah tidak lagi membaca kata demi kata satu persatu. Nah, sekarang kita akan bergerak lebih jauh lagi untuk mengembangkan kebiasaan membaca cepat ini. Sekarang, kita akan masuk ke latihan pergerakan mata. Disini kita akan melatih irama pergerakan mata kita dalam membaca.

Untuk melatih mata kita agar terbiasa memiliki jangkauan fiksasi yang terdiri dari beberapa kata sekaligus, caranya adalah sebagai berikut. Oh ya, jika Anda masih belum mengerti tentang fiksasi mata dalam membaca, silahkan membaca artikel sebelumnya.

Kita sudah sangat terbiasa menggerakan mata kita mengikuti baris bacaan dari kiri ke kanan pada setiap halaman, untuk ‘mengambil’ satu kata demi satu kata. Nah, untuk memaksa mata kita mengambil sekaligus beberapa kata dalam sekali fiksasi, kita buat garis vertikal pada setiap halaman bacaan seperti berikut ini.

contohbacaan-1

Sumber teks: Suluk Blog

 

Pada setiap halaman, kita buat garis yang membagi bacaan menjadi empat kolom. Nah, selanjutnya, mulailah membaca. Namun, paksakan mata Anda untuk tidak lagi berhenti di setiap kata.

Ketika mulai membaca baris pertama, fokuskan mata ke tengah kolom pertama di baris pertama, lalu tangkaplah semua kata yang ada di dalamnya (‘Sebelum berangkat’) dalam sekali pAndang. Lalu langsung fokus ke tengah kolom kedua, dan tangkaplah sekaligus dua kata ‘memang kita’. Berikutnya ke kolom ketiga, tangkaplah sekaligus ‘menyadari ada’. Keempat, langsung tangkap tiga kata ‘penonton, ada arena’.

Demikian juga untuk baris-baris berikutnya. Dengan cara ini, Anda akan memaksa mata Anda berlatih untuk hanya melakukan fiksasi (berhenti untuk menangkap kata) empat kali saja dalam satu baris.

Semakin Anda mahir, Anda bisa mengurangi jumlah kolom perhalaman bacaan menjadi hanya tiga atau dua kolom saja. Dengan demikian, artinya jangkauan fiksasi mata Anda menjadi lebih luas lagi.

Kelak, jika Anda sudah sangat terbiasa membaca dengan cara ini, garis-garis yang membagi setiap halaman menjadi kolom-kolom itu cukup garis imajiner saja. Anda tidak lagi perlu garis yang nyata di setiap halaman.

Saya beri satu contoh bacaan empat kolom di sini, meski selanjutnya Anda bisa membuatnya sendiri. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk membuat latihan bacaan tiga kolom atau dua kolom untuk memperluas jangkauan fiksasi mata Anda.

Bacaan di bawah terdiri dari 196 kata. Ambillah stopwatch sebelum mulai membaca, dan hitung kecepatan baca Anda.

Oh ya, untuk contoh latihan-latihan yang lebih baik lagi, bisa Anda dapatkan di eBook Speed Reading for Beginners yang bisa Anda unduh, gratis. Atau yang lebih khusus lagi, juga ada di member area membacacepat.com

Selamat berlatih.

contohbacaan-2

Sumber teks: Kompas.com

Artikel Menarik Lainnya:

Anda suka artikel ini?

Klik tombol “like” dan sampaikan komentar Anda.


ikuti-training-membaca-cepat-tatap-muka

ikuti-kursus-membaca-cepat-online


Sampaikan Komentar Anda

  1. Sairozi berkomentar:

    ada ungkapan “banyak membaca banyak pula anda lupa, mending gak usah baca”. semoga metode ini akan menepis imej di atas sebagai alasan bagi orang yang malas membaca. dengan waktu membaca yang terbatas. sementara kita tidak ingin tertinggal informasi uptodate. semoga ini bermanfaat bagi saya dan semua yang mau tentunya. yes i like it ! thanks.

  2. alfa berkomentar:

    Apa cara yang sama bisa diterapkan pada artikel dengan bahasa asing yang kita belum kita kuasai dengan baik?

    • Jika baru belajar tahap awal sebaiknya pakai materi berbahasa Indonesia dulu. Nanti setelah pergerakan mata punya pola bisa diterapkan ke materi berbahasa asing.

  3. Ivan Hasibuan berkomentar:

    membaca cepat merupakan bagian penyederhanaan proses dalam memperbanyak wawasan,.

  4. dengan membaca, pemikiranku semakin luas.

  5. numpang bertanya nih mas….dengan teknik di atas apa isi dari yg kita baca masih tertangkap dengan jelas?
    setelah saya praktekaan kok malah saya fokus pada kecepatan tapi jadi abai kepada isi bacaan,,,
    makasih.

  6. terima kasih

  7. aku masih blom bisa mentrapkan dengan baik bgm caranya ya.

Sampaikan Komentar Anda

*