nuttakit-book1

Berikut bagian kelima atau terakhir dari artikel berseri Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat.



Tips Kesembilan: Scan Sebelum Membaca

Jangan langsung membaca. Belum.

Jika Anda sudah melakukan kedelapan tips sebelumnya, lakukan satu hal penting terakhir: scan.

To scan artinya to look over quickly and systematically.’ Scanning dalam hal ini, maksudnya melihat-lihat isi buku dengan cepat namun sistematis. Ini perlu dilakukan terutamanya ketika Anda membaca non-fiksi.

Seperti ketika Anda menyimak sejenak daftar isi, kali ini lakukan hal yang sama. Jika Anda ingin membaca bab satu misalnya, bukalah lembar demi lembar bab pertama itu. Tapi kali ini, simak judul dan subjudulnya, juga isinya, namun secara cepat dan sistematis.

Coba perkirakan ada di mana bagian yang pentingnya. Coba identifikasi sejenak mana konsep inti, dan mana bagian penjelas-penjelasnya. Berhenti sejenak pada bagian yang memang berisi informasi yang Anda butuhkan atau Anda cari, tapi jangan terlalu lama sehingga Anda tenggelam di bagian itu. Ingat, ini sekedar melakukan pemetaan terakhir.

Selanjutnya, ketika nanti Anda sudah memasuki bab dua, bab tiga dan seterusnya, lakukan hal yang sama terlebih dahulu. Percayalah, anda akan membaca jauh lebih cepat dengan melakukan ini terlebih dulu.

 

Tips Kesepuluh: Baca. Dengan teknik-teknik Membaca Cepat.

Sekarang Anda bisa mulai membaca. Jika semua tips tadi sudah, Kata Pengantar atau Pendahuluan pun sudah, silakan mulai memasuki Bab Pertama. Tapi saya tekankan sedikit: dengan teknik-teknik Membaca Cepat.

Percayalah, kali ini anda akan membaca dan memahami jauh lebih cepat dari biasanya. Meskipun anda belum sepenuhnya menguasai teknik-teknik membaca cepat, tetap saja: dengan tips-tips ini anda akan membaca dan memahami jauh lebih cepat.
Selamat mencoba.

 

Demikianlah keseluruhan seri Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat yang bisa Anda terapkan dalam praktek sehari-hari.

Silakan klik di sini untuk membaca daftar artikel dalam seri ini.

 

Photo Credit: nuttakit

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!