menjadi-lebih-pintar

Dalam sebuah artikel di Business Insider, Jessica Stillman menulis tentang 10 Small Things You Can Do Every Day To Get Smarter.

Anda mungkin mengira kecerdasan seseorang sudah tertentu. Artinya ada orang yang memang terlahir cerdas dan ada pula yang tidak.

Namun, riset menunjukkan bahwa pemikiran seperti itu keliru. Kecerdasan dapat ditingkatkan. Cara kita menghadapi sesuatu dan bagaimana kita “memberi makan” otak setiap hari akan menentukan peningkatan kecerdasan.

Kabar baiknya, ada 10 cara yang jika Anda lakukan sehari-hari, besar kemungkinan akan membuat Anda menjadi pribadi pintar dengan tambahan kecerdasan yang lumayan. Mengutip dari artikel tersebut, saya akan menuliskan ulang dengan beberapa catatan tambahan.



Mau tahu apa saja hal tersebut?

1. Menggunakan waktu online secara bijak

Kita hidup di zaman internet yang terhubung online 24 jam sehari. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang menghabiskan waktu online untuk Facebook-an, nge-Tweet, posting foto ke media sosial, membaca berbagai media online dan artikel yang dishare oleh rekan-rekan Anda, dan berbagai hal lainnya. Selama hal tersebut dilakukan dengan wajar tentu tidak mengapa. Namun internet juga penuh dengan materi berkualitas. Anda bisa belajar banyak dari video TED yang menampilkan pakar dari berbagai bidang keahlian termasuk membaca cepat. Anda juga bisa belajar matematika, ekonomi, dan berbagai ilmu dari Khan Academy, atau Anda juga bisa ikut kuliah gratis di Coursera. Jadi, jika Anda punya waktu luang untuk online, coba manfaatkan untuk kegiatan online yang bermanfaat dan berkualitas.

2. Menuliskan apa-apa yang Anda pelajari

Setiap hari kita belajar hal-hal baru. Menuliskan apa-apa yang Anda pelajari akan membantu melejitkan kemampuan otak Anda. Tuliskan apa yang Anda baca, apa yang Anda pelajari. Menulis adalah mengikat ilmu yang Anda punya sehingga tidak menguap dan hilang. Kebiasaan menuliskan apa-apa yang Anda pelajari tak ayal akan menjadi peningkat kecerdasan.

3. Buat daftar apa-apa yang sudah Anda lakukan

Anda mungkin sering diajarkan untuk membuat daftar apa-apa yang hendak dilakukan atau sering disebut “to do list”. Hal tersebut bagus dan menjadi alat manajemen sejak dulu sampai sekarang. Namun, Anda juga sangat dianjurkan untuk membuat daftar apa-apa yang sudah Anda lakukan, “did list”. Mengapa? Karena rasa percaya diri dan bahagia punya peran penting terhadap kecerdasan. Dengan membuat daftar apa yang sudah dilakukan, Anda akan punya rasa percaya diri telah melakukan sesuatu. Anda juga akan lebih bahagia karena merasa sudah berbuat, tidak sekedar dikejar-kejar oleh apa yang belum Anda buat. Cobalah dan rasakan bedanya.

4. Main Scrabble dan Puzzle

Banyak permainan yang bisa menghibur. Memilih permainan tertentu tidak hanya menghibur Anda melainkan juga dapat meningkatkan kecerdasan. Bermain Scrabble dengan teman akan melatih otak Anda dengan berbagai kosa kata baru. Sama halnya bermain puzzle akan mengajak otak Anda berolahraga. Jadi, tidak hanya hiburan yang didapat, melainkan pula tambahan kecerdasan.

5. Miliki teman-teman yang cerdas

Kadang kita mungkin minder ketika punya teman-teman cerdas. Mereka sepertinya begitu mudah dan cepat menguasai sesuatu. Jangan minder jika Anda punya teman cerdas. Bersyukurlah. Sebab teman-teman Anda tersebut akan ikut mendongkrak kecerdasan Anda. Kecerdasan Anda merupakan rata-rata dari kecerdasan 5 orang terdekat Anda. Jadi, sering bergaul dengan orang cerdas akan membuat Anda ketularan cerdas. Bergaul dengan orang yang lebih cerdas dari Anda merupakan salah satu cara belajar tercepat.

6. Banyak-banyak membaca

Hal yang satu ini tidak mengejutkan dan sering kita dengar. Membaca akan meningkatkan kecerdasan Anda. Tidak hanya membaca, melainkan bacalah dengan cepat dan kuasai banyak materi. Coba bayangkan jika ada orang yang membaca dan menyelesaikan 1 buku seminggu atau 52 buku dalam setahun. Apakah pengetahuan orang tersebut akan sama dengan orang lain yang tidak membaca satu buku pun dalam setahun? Tentu saja tidak sama. Orang yang rajin dan banyak membaca akan jauh lebih cerdas. Itu baru perbedaan dalam setahun. Coba bayangkan jika kebiasaan membaca tersebut dilakukan bertahun-tahun, Anda tentu bisa melihat perbedaan yang sangat signifikan. Belajarlah membaca dengan cepat dan efektif agar Anda bisa menguasai banyak hal baru setiap hari dengan cepat.

7. Jelaskan kepada orang lain

Albert Einstein pernah berkata, “Jika Anda tidak bisa menjelaskan sesuatu dengan serderhana, itu berarti Anda tidak paham dengan apa yang Anda jelaskan.”

Dalam proses membaca yang baik dan terstruktur dikenal proses: SQ3R, Survey, Question, Read, Recite dan Review.

Tahap keempat yakni Recite berarti Anda menceritakan ulang apa-apa yang sudah Anda baca. Ini adalah proses untuk memastikan Anda memang mengerti apa yang sudah Anda baca. Karena itu, jelaskan apa-apa yang sudah Anda pelajari dan ketahui kepada orang lain. Jelaskan dengan bahasa sederhana agar mereka mengerti. Jika Anda bisa melakukannya, maka selamat. Anda orang yang punya pemahaman dan cerdas.

8. Lakukan hal-hal baru secara acak

Terkadang kita perlu untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin terlihat tidak berhubungan dengan bidang kita saat ini. Namun bisa jadi sesuatu yang acak tersebut suatu saat menjadi berhubungan dengan hal lain yang kita punya.

Steve Jobs di masa mudanya pernah belajar tentang kaligrafi dan tipografi. Sepertinya hal tersebut tidak berhubungan dengan bidang yang ditekuninya. Namun setelah bertahun-tahun, pengalaman pernah belajar kaligrafi dan tipografi itulah yang membuatnya mampu merancang Apple dan Mac dengan sentuhan desain yang unik dan berbeda.

9. Belajar bahasa baru

Belajar bahasa baru bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang terlalu sulit. Keuntungan dari belajar bahasa baru adalah melatih cara berpikir dalam bahasa yang berbeda dari bahasa ibu Anda. Dengan demikian, Anda akan bisa belajar cara pandang berbeda, kosa kata baru dan pemaknaan yang lebih mendalam terhadap bahasa. Ada berbagai situs yang menyediakan akses belajar bahasa asing dengan gratis seperti Livemocha, Busuu dan Memrise.

10. Sediakan waktu untuk merenung dan melakukan refleksi

Kita selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan. Oleh karena itu, tubuh dan pikiran juga membutuhkan waktu untuk merenung sekaligus melakukan refleksi. Sediakan waktu yang tenang untuk berhenti sejenak dari kesibukan. Duduk, diam, lakukan perenungan dan refleksi. Sediakan waktu untuk berpikir sejenak. Ini akan memberikan Anda ketenangan dan kesiapan mental untuk mengerjakan hal-hal baru setelahnya.

Dengan membaca 10 hal di atas, saya harapkan sekarang Anda bisa melihat bahwa kecerdasan bisa ditingkatkan dengan cara-cara sederhana. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup lakukan beberapa aktivitas di atas secara rutin dan Anda akan menjadi manusia yang lebih cerdas.

Selamat mencoba.

Credit Photo: Book Buyers by Thomas Hawk



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!