Bagi beberapa orang, membaca adalah kegiatan yang membosankan. Apalagi waktu melihat bukunya saja sudah tebal, rasanya malas untuk membukanya. Yang ada di kepala hanyalah deretan huruf yang membuat mata lelah saat mnelihatnya.

Padahal, di dalam deretan huruf-huruf itu mungkin terdapat informasi atau kalimat-kalimat yang memotivasi.

Mungkin juga, pikiran bahwa membaca itu membosankan itulah yang membuat Anda malas membaca. Sayangnya, pikiran ini sepertinya ada di dalam diri sebagian besar orang Indonesia. Tidak heran, minat membaca orang Indonesia termasuk yang paling rendah di dunia.

Sebenarnya, membaca dapat menjadi sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. Bahkan, membaca bisa menjadi sarana untuk refreshing. Beberapa orang yang tadinya juga tidak suka membaca, akhirnya menjadi sangat gemar membaca. Itu karena mereka telah menemukan cara yang menyenangkan untuk membaca.

Apa saja cara-cara itu? Mungkin Anda bisa ikut mempelajarinya, agar minat membaca Anda meningkat.

 

1. Tidak membaca kata per kata

cara membaca cepat dengan mudah

Inilah penyebab utama yang membuat orang jadi malas membaca. Membaca kata per kata memang melelahkan karena memakan waktu yang cukup lama.

Coba Anda membaca dengan teknik scanning. Dengan cara ini, Anda tidak akan membaca kata per kata, tapi lebih membaca dengan mencermati bagian-bagian yang penting saja. Teknik scanning ini adalah membaca dengan fokus pada pada informasi-informasi penting atau menarik dalam sebuah bahan bacaan.

Teknik ini menggunakan kemampuan otak yang sebenarnya luar biasa dalam mengolah informasi. Dengan teknik scanning, beberapa kata memang akan terlewat, tapi otak tetap dapat mengolah informasi-informasi yang penting dalam bacaan tersebut.

 

2. Tidak membaca berulang-ulang

tips membaca untuk pemula

Kadang-kadang, ada orang yang membaca berulang-ulang, yaitu membaca suatu kata atau kalimat lebih dari satu kali. Ini karena dia tidak yakin atau paham dengan apa yang sudah dibacanya, atau merasa ada yang terlewat.

Untuk menghindari membaca berulang-ulang, Anda bisa menggunakan alat bantu. Anda bisa menggunakan bolpoin atau jari Anda, untuk menunjuk kata-kata yang sudah Anda baca.

 

3. Membaca awal dan akhir

kenapa harus membaca

Maksudnya adalah membaca bagian awal dan akhir dari sebuah paragraf saja. Biasanya, ada di bagian itulah inti sebuah paragraf.

 

4. Singkirkan semua pengganggu konsentrasi

menghilangkan distraksi gangguan ketika membaca

Membaca akan jadi membosankan kalau ada kegiatan atau fasilitas lain yang lebih menarik. Misalnya, Anda membaca, tapi televisi tetap menyala dan sedang menayangkan acara kesayangan Anda. Tentu konsentrasi Anda akan terganggu.

Jadi sebaiknya, jika Anda sudah memutuskan untuk membaca, televisinya dimatikan dulu.

Atau, pilihlah tempat yang tenang untuk membaca. Jika Anda membaca di tengah-tengah suasana yang ramai, Anda juga akan menjadi kurang fokus.

 

5. Perhatikan cahaya

tips membaca yang baik

Mata akan bekerja dengan baik jika berada di tempat yang memiliki cukup cahaya. Jika kekurangan cahaya, maka mata akan bekerja lebih keras. Akibatnya, mata Anda akan cepat lelah dan akhirnya Anda jadi malas untuk membaca.

Jadi, perhatikan cahaya di tempat Anda membaca, agar mata Anda dapat bekerja dengan baik.

Jaga juga jarak yang aman untuk membaca. Bila mata Anda terlalu dekat dengan bahan bacaan, itu juga akan membuat mata cepat merasa lelah.

 

6. Tidak perlu ucapkan kata-kata yang Anda baca

cara mudah membaca konsentrasi

Ada beberapa orang yang biasa membaca dengan melafalkan kata-kata yang dibacanya, baik dengan bersuara maupun di dalam hati.

Memang mungkin membaca dengan cara itu lebih asyik. Tapi, ternyata bisa membuat waktu Anda dalam membaca menjadi lebih lama. Akibatnya, Anda merasa, kok tidak selesai-selesai membacanya. Anda lalu keburu malas.

Sebenarnya, Anda tetap bisa memahami bahan bacaan tanpa perlu melafalkan kata-katanya. Cukup andalkan saja mata Anda.

 

7. Berpikir positif sebelum membaca

manfaat membaca dengan baik

Maksudnya, yakinkan diri Anda bahwa ada hal positif yang bisa Anda ambil dari buku yang akan Anda baca itu. Kalau Anda sudah berpikir bahwa buku itu membosankan, tentu Anda sudah merasa malas sebelum membuka buku itu. Tapi, kalau Anda berpikir bahwa Anda memerlukan isi buku itu, Anda akan antusias ketika membacanya.

Memang, membutuhkan niat dan usaha untuk dapat meningkatkan minat membaca. Apalagi jika selama ini Anda memang sangat jarang untuk membaca.

Ada cara mudah yang bisa membantu Anda melakukan hal-hal yang disebutkan di atas. Anda bisa memdapatkannya dalam teknik membaca cepat. Pada teknik tersebut, Anda dapat mempelajari teknik scanning, membaca tanpa melafalkan kata-kata, dan memahami bahan bacaan dengan cepat.

Dengan teknik membaca cepat, maka membaca tidak akan lagi menjadi sebuah kegiatan yang lama dan membosankan. Anda bisa mendapatkan informasi tentang membaca cepat di sini.