Setiap orang yang ingin maju tentu harus mengembangkan dirinya. Pengembangan diri harus dilakukan karena zaman juga semakin berkembang. Jika Anda tidak berusaha untuk mengembangkan diri, maka Anda akan kalah saing dari orang lain.

Mengembangkan diri dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengikuti pelatihan atau training, mengikuti kursus, melanjutkan pendidikan tinggi, atau dengan cara yang paling sederhana, yaitu membaca.

Bagaimana membaca dapat membantu Anda untuk mengembangkan diri? Tidak lain adalah dengan membaca buku-buku mengenai pengembangan diri. Setelah Anda membaca buku-buku tersebut, selanjutnya Anda tinggal mengaplikasikan apa yang sudah Anda baca itu dalam kehidupan atau pekerjaan Anda.

Sangat banyak buku-buku mengenai pengembangan diri yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih buku pengembangan diri yang Anda anggap paling tepat untuk kondisi Anda saat ini.

Atau, Anda bisa memilih buku-buku mengenai pengembangan diri yang direkomendasikan berikut ini:

1. Law of Attraction

buku pengembangan diri terbaik

Buku yang ditulis oleh Michael J. Losier ini adalah panduan praktis bagi Anda untuk mempraktekkan Law of Attraction atau Hukum Ketertarikan. Untuk edisi bahasa Indonesia, buku ini berjudul: Law of Attration: Mengungkap Rahasia Kehidupan.

Selain penjelasan mengenai Hukum Ketertarikan, buku ini juga dilengkapi dengan halaman-halaman lembar kerja yang dapat membantu meningkatkan pemahaman Anda mengenai isi buku ini.

Hukum Ketertarikan adalah hukum yang berlandaskan positif dan negatif. Sesuatu yang negatif, baik yang berasal dari dalam atau dari luar diri kita, dapat menghambat langkah kita untuk maju.

Buku ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara yang tepat mengubah getaran negatif menjadi getaran positif. Dengan menggunakan getaran positif itu, maka Anda dapat meraih apa yang Anda inginkan.

2. Mestakung: Rahasia Sukses Meraih Impian

buku self development terbaik

Mestakung adalah singkatan dari Semesta Mendukung. Buku ini ditulis oleh ilmuwan asal Indonesia, Yohannes Surya.

Yohannes Surya adalah seorang fisikawan. Melalui ilmu fisika yang dikuasainya, Yohannes Surya menemukan bahwa keberhasilan atau kesuksesan dapat dicapai melalui self-organizing. Self-organizing sendiri adalah salah satu konsep fisika yang sederhana.

Dalam konsep ini dijelaskan bahwa jika suatu benda berada dalam kondisi kritis, maka setiap partikel yang ada di sekelilingnya akan bekerja serentak untuk mencapai titik yang ideal.

Jadi, kondisi kritis yang dialami oleh seseorang ternyata dapat membantunya untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan.

Sayangnya, kondisi kritis malah sering dianggap sebagai hambatan untuk maju. Padahal, jika dia mau bertindak dan tekun untuk menghadapi semua rintangan yang ada, maka dia akan sukses.

Nah, di buku ini dijelaskan mengenai bagaimana kondisi kritis itu dapat membantu, apa saja tindakan yang bisa dilakukan untuk menghadapi kondisi kritis tersebut, serta bagaimana agar kita bisa tekun untuk menghadapi segala rintangan yang ada.

3. The Power of Doing Less: Raih Hasil Maksimal Dengan Melakukan Sedikit Hal

manfaat membaca buku pengembangan diri

Buku yang ditulis oleh Fergus O’Connel ini sangat cocok bagi Anda yang sibuk. Orang sibuk biasanya tidak punya waktu banyak untuk mencoba berbagai hal. Buku ini akan memberikan pemahaman prioritas.

Prioritas sangat penting, khususnya bagi Anda yang sibuk. Dengan melakukan segala sesuatu berdasarkan prioritas, maka Anda dapat melakukan hal yang tepat dalam suatu waktu. Anda tidak akan lagi melakukan sesuatu yang tidak efektif dan efisien. Anda juga akan terhindari dari melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda kewalahan, namun ternyata hanya sedikit hasilnya.

Dalam buku ini, Anda akan diajarkan untuk menentukan prioritas, apa saja yang perlu dilakukan dan bagaimana menyusun prioritas tersebut.

4. The Power of Habit: Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Lakukan Dalam Hidup & Bisnis

rekomendasi buku indonesia terbaik

Kebiasaan seseorang akan menentukan keberhasilannya kelak. Jika kita memiliki kebiasaan yang baik, maka kita bisa mencapai kesuksesan.

Inilah yang menjadi tema utama buku yang ditulis oleh Charles Duhigg ini. Kebiasaan adalah sesuatu yang terbentuk dari proses hidup yang dijalani oleh seseorang. Dari proses tersebut, kita bisa memiliki kebiasaan, baik kebiasaan yang baik maupun kebiasaan yang buruk. Kebiasaan yang baik tentu harus dipertahankan, sementara kebiasaan buruk harus segera dihilangkan.

Karena kebiasaan buruk sangat mengganggu kita untuk meraih kesuksesan, maka buku ini lebih fokus untuk membantu Anda untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Untuk itu, buku ini juga dilengkapi dengan lampiran mengenai panduan praktis untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

5. The One Thing: Kekuatan Fokus Untuk Mendorong Produktivitas

buku agar sukses

Mungkin ada di antara Anda yang sering kewalahan dalam menyelesaikan semua pekerjaan. Anda merasa bahwa waktu yang tersedia kurang untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu.

Hal itu mungkin terjadi karena Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Anda tidak mengetahui mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu dan mana yang bisa ditunda atau diselesaikan kemudian.

Semua itu tentu tidak akan menjadi masalah kalau Anda bisa mengatur prioritas. Untuk bisa menentukan prioritas, maka Anda harus fokus.

Inilah yang coba dipaparkan oleh Gary Keller dan Jas Papasan, para penulis buku ini. Buku ini akan membantu Anda untuk selalu fokus. Dengan fokus, maka Anda bisa melakukan sesuatu hal yang akan berdampak pada hal yang lainnya.

Dengan membaca buku-buku itu, maka Anda akan mendapatkan wawasan mengenai hal yang penting untuk dilakukan saat Anda ingin mengembangkan diri Anda.

Banyak hal yang bisa Anda peroleh dari membaca. Jadi kalau Anda ingin sukses, maka mulai sekarang sediakan waktu untuk membaca.

Kalau selama ini Anda malas membaca karena menurut Anda membaca adalah kegiatan yang membosankan atau membuang-buang waktu, maka itu berarti sudah waktunya Anda untuk mempelajari teknik membaca cepat.

Dengan membaca cepat, maka membaca akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan satu bahan bacaan juga akan semakin lebih singkat.

Anda bisa mendapatkan ilmu mengenai membaca cepat dengan mengikuti training atau pelatihan membaca cepat yang diadakan oleh Presenta Edu. Anda bisa memilih untuk mengikuti training secara online atau offline.