glosarium-book

Berikut bagian keempat dari artikel berseri Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat.

 

Tips Ketujuh: Simak Sejenak Glosarium

Tips ini sudah saya singgung sedikit di tips kedua, Familiarisasi Materi. Memang benar, menyimak glosarium sejenak bisa membuat kita memperkirakan ruang lingkup pembahasan dalam buku tersebut.



Glosarium adalah susunan alfabetis dari terminologi-terminologi khusus yang digunakan dalam buku tersebut, yang disertai dengan definisi ataupun apa yang dimaksud penulis dengan penggunaan istilah terkait. Hampir semua buku yang baik akan menyertakan glosarium di dalamnya, yang biasanya diletakkan di bagian belakang buku tersebut.

Tentu tidak perlu Anda hapalkan. Cukup luangkan sejenak untuk menyimak, sekedar memberi gambaran pada kepala Anda agar mulai melengkapi platform struktur pengetahuannya dengan istilah-istilah yang ada, secukupnya.

Ini seperti mulai memperkirakan wilayah jalan-jalan mana saja yang harus Anda tempuh. Tentu perjalanan akan lebih mudah diperkirakan, dan kemungkinan Anda tersesat dalam perjalanan (membaca) akan lebih kecil.

Dan seiring dengan pembacaan, Anda akan semakin memahami apa makna kata-kata itu, dan relevansinya dengan pengetahuan yang sedang Anda tambahkan. Ini akan membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan, karena Anda merasakan bahwa pengetahuan Anda memang benar-benar bertambah.

 

Tips Kedelapan: Baca Pengantar atau Pendahuluan

Umumnya orang yang pernah saya tanya, cenderung melewati Pengantar atau Pendahuluan begitu saja, dan langsung membaca Bab Pertama.

Membaca Kata Pengantar, atau Pendahuluan, sebenarnya sangat penting untuk dilakukan sebelum mulai mengambil informasi. Di bagian inilah biasanya penulis memberi gambaran terkait latar belakang penulisannya, konteksnya, tujuannya, dan semacam itu. Intinya, dari bagian inilah justru Anda bisa menangkap dari arah mana penulis akan membawa kita ‘masuk’ dan ‘memahami’nya.

Mana yang lebih membuat Anda cepat mengerti: Anda mengobrol dulu dengan seorang pakar tentang konsep yang akan diterangkannya sebelum Anda mengikuti paparannya, atau Anda masuk dan duduk begitu saja ke dalam sebuah ruangan untuk mencoba menyimak apa yang akan diterangkannya. Tentu sangat berbeda kan?

Baca Preface, kata pengantar atau pendahuluan, titik. Itu sangat penting. Anda bahkan akan bisa menerangkan buku tersebut berisi apa dan bagaimana, hanya dari membaca kata pengantarnya. Jika Anda langsung masuk ke Bab I, Anda tidak akan bisa melakukannya.

 

Artikel selanjutnya:

Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat (5) – Scan Sebelum Membaca Lalu Gunakan Teknik Membaca Cepat

 

Photo Credit: Microsoft Image Gallery



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!