REGRESI artinya mundur ke belakang. Maksudnya, ketika Anda membaca, Anda punya kebiasaan melompat beberapa kata, beberapa kalimat, atau bahkan beberapa paragraf ke belakang, sekedar untuk memastikan bahwa Anda memahami teks dengan benar. Setelah yakin, Anda kembali meneruskan bacaan. Dalam satu halaman, seseorang bisa melakukannya bahkan hingga dua puluh sampai dua puluh lima kali ulangan.

Pendek kata, regresi dalam membaca adalah kebiasaan pengulangan membaca yang tidak diperlukan.

Dalam konteks membaca, ini adalah kebiasaan buruk.

Padahal sebagian besar regresi yang dilakukan ternyata hanya membuktikan bahwa apa yang telah kita pahami dari kalimat ternyata sudah benar, sudah sesuai dengan yang apa yang dimaksudkan dalam bacaan.



Ini sangat berpengaruh dalam waktu pembacaan. Dan pada ujungnya, kebiasaan ini akan mempengaruhi pemahaman. Jika Anda biasa melompat-lompat mundur dan maju seperti ini dalam membaca, Anda akan kehilangan alur dan struktur bacaan. Pada akhirnya, jelas ini akan mengurangi kedalaman pemahaman Anda terhadap bacaan.

Coba periksa kebiasaan baca Anda. Siapkan selembar kertas dan pensil. Coba ‘intai’ dan ‘tangkap’ mata Anda ketika melakukan regresi. Bacalah beberapa halaman buku. Setiap kali Anda melakukan regresi, beri satu garis pada kertas. Dengan demikian, kebiasaan regresi itu Anda hentikan dengan mengalihkannya.

Hitung berapa garis yang Anda buat, setiap kali Anda menyelesaikan satu halaman. Setelah beberapa halaman, hitunglah rata-rata jumlah regresi Anda. Itulah jumlah yang harus Anda hilangkan sama sekali.

Angka itu harus menjadi sedekat mungkin dengan nol.

Untuk mengurangi kebiasaan ini, Anda harus sedikit waspada. Setiap kali Anda sedang menangkap basah mata Anda melakukan regresi, batalkan. Lanjutkan saja bacaan Anda sampai selesai. Satu sub bab atau satu bab, misalnya. Lalu biarkan perhatian Anda istirahat sejenak.

Cara lain, gunakan kertas tadi untuk menutupi bagian yang sudah Anda baca. Gerakkan kertas itu dari atas halaman buku ke bawah, sesuai dengan kecepatan baca Anda. Kertas itu hanya menutupi baris-baris yang telah Anda baca. Dengan demikian, tidak ada kesempatan untuk mengulang bacaan sebelum waktunya, sekaligus Anda langsung bisa menAndai kertas setiap kali Anda melakukan regresi.

Setelah menyelesaikan satu sub bab, satu bab atau satu bagian struktur penulisan, barulah Anda boleh mengulang jika Anda merasa perlu memastikan bahwa Anda memang menangkap gagasan yang benar dari tulisan itu. Hanya jika perlu.

Regresi adalah pengulangan-pengulangan yang tidak perlu.

Jadi, bukan berarti Anda tidak boleh mengulang sama sekali.

Jadi, apa regresi itu sebenarnya?

: : : : : : :

Hei, apa Anda baru saja melakukan regresi?



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!