KEBIASAAN buruk membaca yang cenderung dianggap enteng oleh hampir semua orang, adalah membaca sambil melakukan hal-hal lain. Sebagian orang gemar membaca sambil mendengarkan radio, sambil menonton televisi, atau sambil membagi konsentrasi dengan hal lain.

Ini artinya, Anda hanya memberikan waktu-waktu kualitas sekunder atau tersier untuk aktivitas mengambil dan mengolah informasi yang harus Anda pahami. Tidak akan mengejutkan jika kualitas pemahaman Anda, atau kecepatan baca Anda pun tidak akan maksimal.

Membaca (mengambil informasi) dan memahami (mengolah informasi), juga untuk menata informasi itu dalam struktur pengetahuan dalam kepala Anda, sebenarnya adalah proses kognitif yang sangat kompleks. Aktivitas semacam ini sebenarnya membutuhkan kualitas konsentrasi yang cukup dalam. Aktivitas kongnitif sekompleks ini seharusnya dilakukan dalam suasana yang memiliki distraksi (pengganggu konsentrasi) seminimal mungkin.



Anda tidak akan bisa melakukannya dengan cepat, efisien, dan menyimpan apa yang Anda pahami dengan baik dalam ingatan Anda, jika Anda hanya memberi otak Anda konsentrasi yang seadanya saja. Jika demikian, pemahaman Anda mengenai bacaan Anda pun seadanya saja, dan Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami bacaan.

Jika sangat banyak aktivitas di sekeliling Anda, atau Anda harus melakukan banyak hal lain sambil membaca, untuk memahami satu kata yang agak asing saja akan cukup sulit. Apalagi, dalam membaca cepat, Anda harus membaca blok demi blok kelompok kata sekaligus, dengan pemahaman yang semaksimal mungkin.

Perhatikan: lebih baik membaca dengan jumlah yang sedikit namun dengan konsentrasi yang dalam, daripada membaca dengan jumlah banyak namun dengan konsentrasi yang sangat dangkal. Konsetrasi yang dalam akan membuat otak Anda lebih leluasa mengambil, menyimpan dan menyusun informasi di tempat-tempat yang seharusnya. Dengan konsentrasi dangkal, selain pemahaman Anda juga dangkal, susunan informasi dalam kepala Anda pun akan cenderung tidak terstruktur dan berantakan.

Berhentilah melakukan multitasking ketika Anda membaca. Terutama bacaan-bacaan yang harus Anda pahami dengan cepat dan penting bagi Anda. Lebih baik kosongkan beberapa menit dan kerahkan konsentrasi sepenuhnya pada bacaan, daripada Anda menyediakan dua jam waktu namun dengan konsentrasi yang sangat dangkal.

Perhatikan juga gangguan-gangguan dalam diri Anda. Konsentrasi juga akan sulit diberikan dengan maksimal, jika Anda juga memikirkan hal lain.

Sebelum membaca, kosongkan diri Anda dan menghadaplah sepenuhnya pada bacaan. Biarkan otak Anda menggunakan konsentrasi penuh, agar ia leluasa mengambil, menyimpan, mengolah dan menyusun informasi untuk Anda.

Selamat mencoba.



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!