Membaca adalah kegiatan yang sangat membutuhkan konsentrasi. Saat Anda sedang membaca, maka mata, telinga dan otak Anda harus saling berkoordinasi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apalagi ketika Anda ingin membaca dengan teknik membaca cepat. Konsentrasi yang baik mutlak diperlukan. Jika Anda membaca cepat tanpa konsentrasi yang baik, maka Anda tidak akan bisa membaca dengan baik. Jangankan untuk membaca cepat, membaca biasa saja akan sulit dilakukan, kalau Anda tidak berkonsentrasi.

Konsentrasi antara lain dapat diperoleh dengan memilih tempat membaca yang mendukung. Untuk membaca, sebaiknya dipilih tempat yang tenang, yang minim gangguan. Selain itu, dibutuhkan juga cahaya yang cukup dan posisi duduk yang baik, agar Anda tidak mudah lelah saat membaca.

Tapi, bagaimana jika konsentrasi masih juga sulit diperoleh, walaupun Anda sudah membaca di tempat yang tenang dan cahayanya cukup? Anda merasa pikiran Anda masih melayang-layang waktu sedang membaca, padahal Anda sudah berniat untuk menyelesaikan bahan bacaan tersebut.

Mungkin bahan bacaan yang Anda baca itu bukan favorit Anda, jadi Anda agak ogah-ogahan waktu membacanya. Minat membaca memang dapat menurunkan daya konsentrasi.

Tetapi, bagaimana jika bahan bacaan tersebut memang harus Anda baca? Mungkin penting untuk pekerjaan atau karier Anda. Tentu Anda harus berusaha sekuat tenaga agar bisa berkonsentrasi dengan baik saat membacanya.

Konsentrasi bukan hanya soal tempat membaca dan kondisinya. Bukan juga hanya soal bahan bacaan favorit atau bukan. Konsentrasi juga membutuhkan kondisi tubuh yang prima.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya konsentrasi, termasuk saat membaca:

1. Cukup istirahat

Cara meningkatkan konsentrasi dengan beristirrahat

Istirahat sangat penting untuk kondisi tubuh yang prima. Bahkan, menurut beberapa penelitian, istirahat adalah hal yang paling mempengaruhi daya konsentrasi. Kurang istirahat akan membuat konsentrasi Anda melemah.

Dengan istirahat yang cukup, maka kondisi pikiran Anda akan tenang. Pikiran yang tenang inilah yang sangat dibutuhkan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik. Pikiran yang tidak tenang dapat membuat Anda tidak dapat fokus pada apa yang sedang Anda lakukan, termasuk membaca.

Agar pikiran Anda tenang, pastikan Anda cukup beristirahat atau tidur. Waktu tidur yang tetap setiap hari dapat membantu Anda membangun daya konsentrasi yang lebih baik.

Cukup beristirahat artinya tidak kurang dan tidak lebih. Kurang tidur jelas dapat mengurangi daya konsentrasi. Kurang tidur juga sangat berbahaya bagi kondisi tubuh. Kondisi tubuh yang tidak prima akan membuat daya berkonsentrasi menjadi lemah.

Sebaliknya, kebanyakan tidur juga tidak baik bagi tubuh. Kebanyakan tidur akan membuat ritme alami tubuh terganggu dan membuat tubuh menjadi malas. Semua itu tentu saja akan menghambat Anda untuk berkonsentrasi dengan baik.

Jadi, biasakan untuk tidur dan bangun di jam-jam yang sama setiap harinya.

2. Rencanakan kegiatan Anda sehari-hari

Tips meningkatkan konsentrasi belajar membaca

Dengan membuat rencana kegiatan sehari-hari, maka Anda sebisa mungkin sudah menghindari untuk melupakan sesuatu yang penting. Dengan begitu, Anda lebih tenang dalam menjalankan aktivitas.

Misalnya, Anda sudah merencanakan bahwa setelah tiba di kantor, maka Anda akan mengecek dan membalas email yang masuk selama sekian menit, lalu memeriksa laporan pekerjaan sekian menit, atau memberikan evaluasi terhadap kinerja anak buah selama sekian menit.

Dengan rencana yang cukup detail seperti itu, maka Anda setidaknya bisa menghindarikan diri dari kegiatan-kegiatan yang kurang penting. Misalnya, waktu Anda sedang memeriksa laporan pekerjaan dan tergoda untuk membuka akun media sosial, Anda akan teringat pada rencana kerja Anda yang lebih penting.

Rencana pekerjaan akan membantu Anda untuk terhindar dari buang-buang waktu. Jadi, Anda akan lebih fokus ketika sedang mengerjakan sesuatu. Dengan terbiasa untuk selalu fokus, daya konsentrasi Anda juga akan meningkat.

3. Meditasi

Meditasi tidak ada hubungannya dengan kepercayaan. Meditasi adalah cara untuk membuat tubuh terbiasa untuk berkonsentrasi, untuk fokus pada sesuatu.

Sediakan waktu dalam sehari untuk bermeditasi. Duduklah dengan diam dan amati apa yang Anda dengar atau rasakan. Fokuslah pada satu hal. Ketika Anda merasa pikiran mulai melayang-layang, usahakan untuk kembali pada satu hal tersebut.

Dengan terbiasa bermeditasi, maka daya konsentrasi Anda akan semakin baik.

4. Jalankan pola hidup sehat

makan buah dan sayur untuk meningkatkan kecerdasan konsentrasi

Selain istirahat yang cukup, pola hidup sehat lain juga sangat penting bagi daya konsentrasi Anda. Misalnya pola makan. Usahakan untuk makan teratur dan seimbang.

Terlalu banyak makan bisa membuat saluran pencernaan Anda akan bekerja terlalu keras. Akibatnya, Anda akan lebih mudah mengantuk. Orang yang gampang ngantuk tentu saja akan sulit untuk berkonsentrasi.

Demikian juga kalau Anda makan terlalu sedikit. Tubuh Anda akan kekurangan zat-zat yang dibutuhkannya. Hal itu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Kalau Anda sehat, tentu saja konsentrasi Anda akan lebih baik.

Selain soal makan, jangan lupa juga untuk menyediakan waktu berolah raga. Olah raga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Tubuh yang bugar dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi.

Tidak perlu berolah raga yang berat. Anda bisa mencari kegiatan olah raga yang bisa dilakukan di kantor di saluran Youtube.

5. Sesekali ubahlah rutinitas Anda

Misalnya, Anda selalu melewati jalan yang sama ketika hendak berangkat atau pulang kantor. Sesekali, Anda bisa lewat jalan lain. Dengan sesekali mengubah rutinitas, maka otak akan dirangsang untuk berpikir.

Selain itu, jangan terus-menerus berkutat dengan pekerjaan. Luangkan waktu untuk berlibur. Berlibur dapat menenangkan pikiran Anda. Sekali lagi, pikiran yang tenang dapat membantu daya konsentrasi agar menjadi lebih baik.

6. Terus berusaha

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga sebaiknya terus melatih meningkatkan daya konsentrasi saat membaca. Setiap hari, usahakan untuk membaca, minimal 30 menit. Bacalah buku atau bahan bacaan lain dan berusahalah untuk berkonsentrasi.

Saat Anda merasa pikiran Anda sudah sulit untuk fokus pada bahan bacaan, segera kembalikan konsentrasi Anda pada bahan bacaan. Mungkin akan sulit di awal, tapi jika Anda terus berusaha dan berlatih, maka lama-lama Anda akan semakin berkonsentrasi saat membaca.

Membaca memang membutuhkan niat yang kuat. Jika Anda sudah meniatkan diri untuk mau membaca, maka seluruh tubuh, termasuk pikiran Anda, akan membantu Anda. Konsentrasi yang baik akan membantu Anda untuk membaca dengan lebih baik dan cepat.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mempelajari teknik membaca cepat, Anda bisa mendapatkannya di sini.