Benar. Mata hanya butuh dua huruf untuk mengenali satu kata.

Jadi, sebenarnya Anda sama sekali tidak perlu membaca kata perkata. Mata kita bahkan sanggup mengenali satu kata dan memahaminya, hanya dengan mengenali huruf awal dan akhirnya.

Perhatikan contoh berikut ini. Ini saya kutip dari e-book Speed Reading for Beginners. Silahkan mengunduhnya jika Anda belum melakukannya. Gratis.

Bacalah paragraf di bawah ini.

Kmaemuapn mbecmaa cpeat trkeiat eart dngean kmaemuapn mngelnaei ktaa. Mnuasia mngenelai breabgai ktaa lweat bkuu dan tlisaun ynag dbiacaayn. Ktaa-ktaa tbuesret dsimiapn dlaam mmorei oatk dan aakn dinalkei lbeih cpeat ktikea dtemuikan kmblaei pdaa baahn baacan ynag brau.

Libeh habet lgai tnyatera uturan ktaa tdiak tlaleru ptineng aslaakn psoisi hruuf preatma dan trekahir tdiak bruebah. Adna hnaya ckuup mngelnaei hruuf preatma dan trekahir tdai kmeduian dnegan kmemapaun laur baisa aakn mngeanilnya sbegaai sbeauh ktaa spereti ynag Adna bcaa skeranag. Ini mneuurt rsiet ynag prenah dlikaukan Uinvertisas Cmabrigde, Ingrigs.

Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika Anda membaca teks diatas. Mungkin lebih lambat, tapi Anda bisa membacanya. Intinya, mata Anda hanya perlu membaca huruf di awal dan di akhir sebuah kata agar otak Anda bisa memproses kata tersebut.

Inilah prinsip membaca cepat: Anda mengenali kata demi kata dalam bacaan dengan sangat cepat.

Anda bisa membandingkan teks tadi dengan susunan yang normal berikut ini.

Kemampuan membaca cepat terkait erat dengan kemampuan mengenali kata. Manusia mengenali berbagai kata lewat buku dan tulisan yang dibacanya. Kata-kata tersebut disimpan dalam memori otak dan akan dikenali lebih cepat ketika ditemukan kembali pada bahan bacaan yang baru.

Lebih hebat lagi ternyata urutan kata tidak terlalu penting asalkan posisi huruf pertama dan terakhir tidak berubah. Anda hanya cukup mengenali huruf pertama dan terakhir tadi kemudian dengan kemampuan luar biasa akan mengenalinya sebagai sebuah kata seperti yang Anda baca sekarang. Ini menurut riset yang pernah dilakukan Universitas Cambridge, Inggris.

Itulah prinsip dasar yang membuat Anda akan mampu membaca dengan jauh lebih cepat: Anda mengenali kata dengan sangat cepat sehingga membuat otak Anda bekerja lebih efisien.

Percaya, jika Anda bisa dilatih (atau berlatih) membaca dengan sangat cepat?

Selamat berlatih.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!