Pada beberapa artikel yang lalu, sudah saya bahas bahwa membaca kata satu demi satu merupakan salah satu kebiasaan buruk dalam membaca. Mata Anda berhenti sejenak pada setiap kata, seiring bacaan Anda, untuk fokus pada satu kata. Lalu pada kata berikutnya, mata Anda berhenti lagi untuk fokus dan mengenali kata.

Proses berhentinya mata untuk mengenali (kata) ini disebut fiksasi. Dengan kata lain, jika Anda masih membaca kata satu persatu, maka Anda melakukan fiksasi pada setiap kata. Dengan demikian, jangkauan fiksasi mata Anda baru sejauh satu kata.

Contohnya adalah sebagai berikut.

fiksasi-1

Pada contoh di atas, mata Anda berhenti pada setiap kata dalam kalimat untuk mengenali kata. Garis merah adalah jangkauan pengenalan mata Anda.

Nah, agar membaca lebih efisien, kita akan belajar untuk memperluas jangkauan fiksasi mata kita. Kita belajar untuk membiasakan mata kita mengenali beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat.

fiksasi-2

Nah. Dengan demikian, dalam setiap kali berhenti pada tengah-tengah garis merah imajiner seperti di atas, mata Anda bisa menangkap dua atau tiga kata sekaligus dalam sekali fiksasi. Kebiasaan ini membuat Anda bisa membaca dengan jauh lebih cepat.

Bahkan, semakin lama Anda berlatih, Anda akan bisa berhenti sekali atau dua kali saja dalam setiap baris bacaan. Anda bisa menangkap empat atau lima kata sekaligus dalam sekali fiksasi.

Contohnya adalah seperti ini.

fiksasi-3

Nah, dari contoh di atas, mata Anda hanya perlu berhenti di titik tengah setiap garis merah untuk menangkap sekaligus beberapa kata.

Demikian. Ini adalah contoh bagaimana memperluas area bacaan tidak hanya pada titik fokus mata, tapi juga pada area sekitarnya. Ini disebut juga dengan pAndangan periferal (peripheral vision).

Contoh pandangan periferal adalah, jika Anda perhatikan satu huruf di papan ketik komputer Anda sekarang. Arahkan pandangan mata Anda hanya pada, misalnya, huruf H dan jangan gerakkan mata Anda dari sana. Nah, ketika mata Anda melihat pada huruf H, Anda juga mengenali huruf-huruf di sekitarnya kan? Sebenarnya mata Anda juga menangkap dan mengenali huruf G, J, Y, U dan N, juga B serta N.

Itulah prinsip dasar memperluas jangkauan fiksasi mata dalam membaca cepat.

Selamat berlatih membaca cepat.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!