Dalam praktek membaca cepat, kita tidak lagi membaca huruf demi huruf maupun kata demi kata, satu persatu. Lebih tepat dikatakan, dalam membaca cepat kita ‘mengenali’ susunan huruf (kata) dan meng-inputnya ke dalam pemahaman kita beberapa kata sekaligus. Kita membaca secara blok demi blok (beberapa kata sekaligus dalam satu waktu), dan bukan kata demi kata. Lihat kembali artikel “Kebiasaan Buruk Membaca: (1) Membaca Kata Satu Demi Satu.”

Dasar kemampuan membaca cepat adalah mengenali kata. Pada fase kita ini, kita tidak lagi mengenali huruf dan membacanya menjadi kata seperti ketika kita belajar membaca. Kita mengenali satu kelompok huruf sekaligus sebagai satu kata, dan meng-inputnya ke otak kita.

Jika dalam proses membaca kita menemukan satu kata yang asing, barulah kita kembali membaca huruf demi huruf dan meng-input kata tersebut. Ketika membaca artikel ini dan Anda menemukan kata seperti metilkloroisotiazolinon, Anda pun kembali membaca huruf demi huruf. Tapi selain kata baru tersebut, tanpa sadar Anda sudah hanya ‘mengenali’ dan meng-input kata demi kata, karena semua kata dalam artikel ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Anda akan meng-input kata demi kata dengan lebih cepat daripada ketika Anda menemukan kata baru seperti tadi.

Nah, untuk membaca cepat, kita tidak lagi meng-input satu kata saja. Kita meng-input beberapa kata sekaligus dalam sekali input. Namun sebelum itu, kita kembali melatih mata kita untuk mengenali kata.

Berikut ini contoh latihan mata untuk mengenali kata yang bisa Anda lakukan dengan teratur.

Lihatlah kata pada kolom paling kiri, dan tanpa menggerakkan kepala Anda (hanya menggerakkan mata saja), temukan kata yang sama pada empat kolom berikutnya. Lakukan dengan cepat dan dengan sekali lihat saja, dari kiri ke kanan.

mengenali-kata

Semakin cepat Anda bisa menemukan kata yang sama di kolom-kolom berikutnya, semakin cepat pula Anda cukup siap untuk berlatih membaca cepat. Dengan kata lain, semakin cepat Anda melakukannya, maka semakin baik pula kerjasama antara mata dan otak Anda untuk mengenali (bukan membaca) kata dan meng-input pemahamannya ke dalam otak Anda.

Lakukan secara teratur, dan cobalah buat latihan semacam ini dengan susunan kata yang berbeda.

Inilah dasar dari kemampuan membaca cepat.

Pad artikel yang berikutnya, saya akan membahas tentang berlatih mengenali frasa dalam membaca cepat.

Selamat mencoba.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!