Membaca merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, menenangkan dan dapat memberikan sebuah kenikmatan tersendiri.

Hanya saja kadang kita merasa tidak punya kemewahan waktu untuk membaca di sela-sela hari kita yang sudah penuh dengan segala macam rutinitas dan kesibukan.

Tidak punya waktu merupakan alasan yang paling sering diutarakan orang sehingga mereka kesulitan menghabiskan tumpukan buku yang dibeli atau harus dipelajari.

Waktu untuk membaca tidak dapat begitu saja tersedia dengan mudah. Waktu untuk membaca adalah sesuatu yang harus Anda usahakan.

Waktu yang harus Anda ciptakan dalam keseharian Anda sehingga nantinya menjadi kebiasaan yang terasa lebih ringan menjalankannya.

Lantas bagaimana cara yang mudah dalam menciptakan waktu untuk membaca?

Berikut beberapa tips dan strategi sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menambah akumulasi waktu membaca harian Anda:

 

1. Bangun tidur 15 menit lebih awal dan pergi tidur 15 menit lebih lambat

Dengan cara ini Anda sudah mempunyai tambahan waktu setengah jam dalam sehari tanpa terlalu mengganggu siklus dan waktu tidur Anda.

Anda dapat membuat hal ini menjadi rutinitas dan memanfaatkan 2 waktu tersebut untuk membaca sebagai sebuah sarana relaxing atau bersantai.

 

2. Kenali dan hindari pembuang waktu utama Anda

Kenali dan kurangi porsi waktu Anda untuk kegiatan yang kurang mempunyai nilai tambah namun menghabiskan banyak waktu berharga seperti:

1. Menonton TV

2. Internet: Browsing, video snacking, dan aktivitas social media

3. Bermain games

Bayangkan jika Anda sanggup mengurangi waktu menonton TV satu jam saja sehari dan menggantikannya dengan membaca, maka Anda sudah mempunyai 7 jam tambahan waktu untuk membaca dalam seminggu.

 

3. Kurangi komitmen dengan belajar mengatakan “Tidak” pada orang lain

Buat atau penuhi hanya komitmen yang memang kita mempunyai waktu dan betul-betul peduli pada hal tersebut.

Belajarlah berkata “Tidak” dengan sopan dan berusaha tidak menyinggung perasaan orang lain tanpa perlu merasa bersalah pada diri kita sendiri.

Dengan mengurangi komitmen pada orang lain kita akan mempunyai waktu tambahan secara umum yang dapat kita manfaatkan untuk membaca.

 

4. Jadwalkan waktu khusus untuk membaca sesuatu yang membangun diri Anda setiap hari

Hanya dengan menjadwalkan waktu 20-30 menit sehari untuk membaca secara khusus, Anda akan menjadi lebih berdedikasi dan berkomitmen untuk melakukan aktivitas ini karena memang telah dimasukkan dalam agenda harian Anda.

Kebanyakan orang tidak membaca secara rutin hanya karena memang tidak memasukkan aktivitas ini dalam daftar to do list hariannya.

Untuk membentuk kebiasaan ini, Anda juga dapat menyiapkan atau membuat sebuah area khusus untuk membaca seperti ruangan atau sofa dimana Anda dapat duduk membaca dengan nyaman dan tanpa gangguan dalam rentang waktu tersebut.

 

5. Ganti bacaan berita dan artikel acak dengan yang lebih terstruktur

Gantilah tipe bacaan random atau acak ini dengan bacaan yang lebih terstruktur seperti ebook atau buku dengan tema yang Anda senangi atau ingin dikuasai. Bacalah bacaan yang bernilai tambah dan menunjang karir dan juga pengembangan diri Anda secara umum.

Kurangi waktu searching dan browsing Anda dengan mengidentifikasikan beberapa sumber utama terpenting saja dari tema dan materi bacaan yang benar-benar Anda butuhkan dan dapat dibaca secara reguler. Cobalah fokus pada apa yang lebih penting bagi diri Anda dan abaikan yang kurang atau tidak penting.

 

6. Bawalah selalu buku atau pilihan bacaan yang disiapkan

Anda dapat memanfaatkan beberapa menit waktu-waktu transisi yang dapat Anda gunakan untuk membaca seperti saat mengantri, menunggu atau saat duduk dalam perjalanan kerja.

Pilihan bacaan berbentuk digital seperti PDF dapat Anda baca melalui berbagai perangkat digital yang Anda bawa sehingga lebih praktis.

 

7. Belajar membaca cepat / speed reading

Jika Anda banyak melakukan kegiatan membaca, Anda dapat mencoba belajar membaca cepat atau speed reading. Anda dapat belajar memakai berbagai teknik dan strategi yang tepat untuk membaca bacaan yang berbeda-beda.

Belajar membaca cepat akan membantu Anda menguasai lebih banyak informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang lebih cepat. Membaca dengan lebih paham dan efisien dalam penggunaan waktunya.

Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti sebuah kursus membaca cepat online maupun training tatap muka membaca cepat yang akan membantu Anda menguasai keterampilan ini dengan lebih terstruktur dan cepat.

Demikian tips menciptakan waktu untuk membaca yang dapat membantu Anda dalam mengelola waktu berharga yang Anda miliki sehari-hari.

Anda tidak dapat menambah waktu. Waktu semua orang adalah sama 24 Jam sehari. Yang dapat Anda lakukan adalah bagaimana memutuskan kegiatan apa yang akan Anda lakukan dalam waktu yang tersedia tersebut.

Menciptakan waktu untuk membaca adalah tentang memutuskan menggunakan lebih banyak waktu yang Anda miliki untuk kegiatan membaca yang dalam jangka panjang akan membedakan Anda dengan kebanyakan orang.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!