Sampai kapan pandemic virus corona akan melanda Bumi ini? Tidak ada yang bisa memprediksinya dengan pasti. Ini artinya, belum jelas juga sampai berapa lama work from home masih harus dilakukan.

Tidak sedikit orang yang akhirnya merasa bosan. Padahal sebelum ada kebijakan WFH, rasanya malas pergi ke kantor dan ingin bekerja dari rumah saja.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan membaca. Anggap saja kebijakan WFH ini adalah kesempatan buat Anda untuk membaca lebih banyak buku. Saat rasa bosan itu melanda, coba ambil buku yang sudah lama ingin Anda baca dan mulailah membacanya.

Selain dapat membantu mengatasi rasa bosan, masih banyak lagi alasan lain kenapa membaca buku sangat dianjurkan di masa WFH seperti sekarang ini.

Ini dia alasan-alasan mengapa Anda harus lebih sering membaca buku:



1. Membaca sangat baik untuk otak

manfaat membaca buku untuk otak_art

Ada sebuah quote yang sangat baik tentang membaca, dari Joseph Addison, yaitu “Reading is to the mind what exercise to the body’. Jadi, membaca bisa dikatakan sebagai olahraga bagi otak.

Walaupun sudah 300 tahun yang lalu dikatakan oleh Addison, namun ungkapan ini masih sangat bisa dirasakan kebenarannya sampai sekarang. Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa membaca dapat membuat otak menjadi lebih sehat karena membaca akan melancarkan aliran darah ke otak. Kalau otak sehat, maka manusianya akan menjadi lebih cerdas.

2. Membaca akan membuat otak menjadi lebih aktif

Karena aliran darah lebih lancar, maka otak juga akan lebih aktif. Dengan membaca, maka otak akan terus distimulasi untuk berpikir. Tidak heran jika banyak orang cerdas yang menemukan solusi untuk berbagai masalah, biasanya adalah orang-orang yang suka membaca.

3. Membaca dapat membantu kemampuan menulis

meningkatkan kemampuan menulis dengan membaca buku_art

Kemampuan menulis tidak hanya diperlukan untuk mereka yang berprofesi sebagai penulis. Profesi lain juga perlu untuk bisa menulis dengan baik, misalnya untuk menulis laporan. Jika laporan tidak ditulis dengan baik, maka akan sulit untuk dipahami oleh atasan.

Hobi membaca akan membantu Anda untuk bisa menulis lebih baik. Ketika kita membaca, maka otak akan menyerap teknik-teknik menulis dan kosakata dari bahan bacaan itu. Secara tidak sadar, otak akan menyimpannya dan ketika kita membutuhkannya untuk membuat tulisan, otak akan mengeluarkannya.

4. Membaca akan membantu melancarkan kemampuan berbicara

Saat kita membaca, sering kita menemukan kata-kata baru, juga pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya tidak kita mengerti. Tentu saja, hal ini akan menambah wawasan kita. Dengan wawasan yang lebih luas, maka hal itu bisa membantu meningkatkan kemampuan berbicara.

5. Membaca dapat membantu meningkatkan kedisiplinan

Cara meningkatkan disiplin dengan membaca buku_art

Kok bisa? Karena saat kita membaca, apalagi membaca bahan bacaan yang menarik, akan membuat kita penasaran untuk menuntaskannya. Karena terdorong untuk menyelesaikannya, maka secara tidak disadari, diri kita akan menyediakan waktu khusus untuk membaca, ketika memang masih harus menyelesaikan pekerjaan yang lainnya.

6. Membaca dapat melatih imajinasi

Saat sedang membaca, khususnya membaca novel, otak kita akan mempelajari karakter dan kisah yang terjadi di dalamnya. Hal ini dapat merangsang otak untuk berpikir lebih imajinatif. Imajinasi tidak hanya berguna untuk membuat cerita fiksi, tapi juga dapat membantu kita untuk mencari cara-cara yang lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi,

 

7. Membaca dapat membantu meningkatkan motivasi

manfaat buku untuk motivasi diri_art

Saat kita membaca buku-buku mengenai kisah sukses, biasanya kita juga ingin menjadi sukses, seperti orang-orang yang ada dalam buku tersebut. Secara tidak disadari, otak kita akan menyerap ilmu-ilmu yang digunakan oleh para tokoh itu untuk meraih kesuksesan. Dengan motivasi yang bertambah, tentu seseorang bisa lebih bersemangat dalam bekerja.

8. Membaca dapat menurunkan tingkat stress

Work from home bagi beberapa orang ternyata bisa menyebabkan stress. Kalau biasanya bisa bekerja dengan tenang di kantor, kali ini harus ‘berhadapan’ dengan keluarga, misalnya anak, yang mungkin saja mengganggu saat kita sedang bekerja. Belum lagi berbagai informasi mengenai penyebaran virus corona, yang bisa menjadi sumber stress tersendiri.

Untuk itu, kita harus pintar memilih dan memilah apa saja yang sebaiknya dibaca. Kalau memang sudah penat dengan informasi seputar Covid 19, sebaiknya ambil buku yang menghibur dan mulailah membacanya. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih tenang dan tingkat stress bisa menurun.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!