Pandemi masih terus berlangsung. Rasanya pasti sudah banyak yang bosan dengan masalah yang belum beres ini. Kita masih harus terus lebih banyak di rumah, karena harus mengurangi kegiatan atau mobilitas.

Beberapa di antara Anda mungkin punya hobi baru selama pandemi ini. Ada yang jadi hobi bercocok tanam, memelihara binatang, memasak, atau yang lainnya. Intinya, harus melakukan sesuatu yang menyenangkan agar bisa sedikit menghalau kejenuhan.

Jenis hobi baru lain yang bertambah peminatnya selama pandemi ini adalah membaca. Memang sih, seharusnya membaca itu jadi hobi setiap orang, karena sangat bermanfaat. Sayangnya, orang Indonesia termasuk yang kurang atau tidak senang membaca. Padahal, selain bermanfaat, membaca bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Untuk Anda yang baru mulai menyukai membaca buku dan ingin membaca lebih banyak buku, ada beberapa tips yang bisa dicoba:

  1. Selalu membawa buku ke mana pun

Emangnya mau ke mana, kan lagi pandemi? Kita memang harus mengurangi mobilitas. Tapi, di saat memang benar-benar harus keluar rumah, bawalah buku. Saat harus menunggu sesuatu dan tidak bisa melakukan apa-apa, buku itu akan menjadi teman dan Anda tidak perlu hanya sibuk dengan gadget.

  1. Buat daftar bacaan

Tuliskan judul-judul buku yang ingin dibaca, baik yang bukunya sudah dibeli maupun yang belum. Sebaiknya, dahulukan yang bukunya memang sudah dimiliki, jadi akan menambah semangat Anda untuk segera bisa membacanya.



Kalau Anda belum punya daftar buku yang ingin dibaca, Anda bisa melihat-lihat referensi di internet. Beberapa website, seperti Good Reads, memberikan beberapa alternative judul-judul buku bagus yang layak untuk dibaca, dari berbagai genre. Anda tinggal memilih judul-judul buku yang genre-nya paling disukai.

  1. Baca beberapa buku sekaligus

Maksudnya tentu saja bukan membaca lebih dari satu buku dalam satu waktu yang sama. Bisa pusing Anda nanti. Tapi, Anda bisa membaca beberapa buku secara bergantian dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya, Anda membaca dua atau tiga judul novel dalam seminggu. Novel itu bisa Anda baca bergantian. Pagi Anda membaca yang A, lalu di sore hari membaca yang B.

Membaca beberapa buku dalam kurun waktu tertentu ini diyakini bisa membantu otak dan pikiran kita menjadi lebih fresh.

  1. Menandai bagian yang penting

Jika Anda menemukan bagian yang menarik atau penting dari buku yang sedang dibaca, berilah tanda, seperti memakai stabilo. Dengan cara ini, maka secara tidak langsung otak Anda akan merekam bagian yang ditandai itu.  Saat dibutuhkan, otak Anda akan mengingatnya. Hal itu juga bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mencari bahan bacaan lain, yang berhubungan dengan hal yang diberi tanda itu. Jadi, wawasan Anda terhadap sesuatu hal akan semakin bertambah.

Tapi, hal ini tampaknya masih sulit dilakukan kalau Anda membaca buku elektronik.

 

  1. Berbagi

Maksudnya bukan berbagi buku. Boleh saja itu dilakukan, kalau bukunya sudah selesai dibaca dan Anda memang berniat melakukannya.

Maksud dari berbagi di sini adalah membagikan hal-hal penting atau menarik dari buku yang And abaca melalui media sosial. Jadi, ketika Anda menemukan sesuatu yang menarik perhatian Anda, Anda bisa menjadikan bagian itu sebagai status di Facebook, sambil menuliskan dari mana Anda mendapatkannya.

Hal ini bisa menarik perhatian teman-teman Anda yang kebetulan juga menyukai bahan bacaan seperti Anda. Lewat berbagai komentar, siapa tahu Anda bisa mendapatkan referensi bahan bacaan lain yang lebih menarik dan membuat Anda lebih bersemangat dalam membaca buku.

  1. Cari diskonan

Salah satu toko buku besar sering mengadakan diskon besar-besaran untuk pembelian secara online. Mengapa hal ini tidak Anda manfaatkan untuk mendapatkan buku-baku bagus yang memang ingin Anda baca?

  1. Buat prioritas

Semakin senang membaca, maka akan semakin banyak buku yang ingin dibaca. Walaupun ada saran untuk membaca beberapa buku dalam kurun waktu yang sama, Anda tetap harus punya prioritas. Tentukan, buku mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kalau Anda tidak punya prioritas, maka bisa-bisa semua buku itu tidak ada yang dibaca sampai selesai.

  1. Luangkan waktu khusus

Walaupun sekarang Anda lebih banyak di rumah karena bisa work from home, meluangkan waktu khusus untuk membaca tetap harus dilakukan. Hal ini adalah untuk menjaga kekonsistenan Anda dalam membaca. Jika memang tidak ada hal mendesak, patuhi jadwal membaca yang sudah Anda tentukan sendiri itu.

  1. Ikut book club

Di Indonesia tampaknya masih sangat sulit untuk menemukan klub membaca atau book club. Tidak perlu cemas, Anda bisa kok, ikutan book club yang diadakan di internet. Selain bisa membagikan pengalaman seputar bahan bacaan, kita juga bisa mendapatkan tambahan referensi bacaan menarik dari sesama anggota klub.

 

Nah, selain tips di atas, ada baiknya juga kalau Anda memiliki kemampuan untuk membaca secara efektif. Jadi, kegiatan membaca Anda akan menjadi semakin menyenangkan.

Caranya, Anda bisa mengikuti pelatihan membaca cepat yang diselenggarakan oleh Presenta Edu, untuk mendapatkan teknik cara membaca yang efektif dan hemat waktu.

Selamat menikmat membaca! (*)

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!