Membaca cepat tony buzan

Orang lebih mengenal Tony Buzan sebagai seorang yang memperkenalkan teknik mind mapping. Hanya sedikit yang tahu bahwa Tony Buzan juga mengembangkan metode untuk meningkatkan kemampuan membaca.

Sebelum teknik membaca cepat berkembang pesat, membaca, khususnya membaca buku teks, adalah pekerjaan yang memakan waktu. Buzan, seorang psikolog, menganggap bahwa hal itu tidak akan terjadi kalau seseorang bisa meningkatkan kecepatannya saat membaca. Buzan percaya bahwa hal tersebut bisa dilakukan.

Lalu mulailah Buzan mengembangkan metode untuk meningkatkan kemampuan membaca. Metode yang sekarang kita kenal dengan teknik membaca cepat. Dengan teknik ini, Anda bisa membaca dua sampai tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan membaca biasa.

meningkatkan kecepatan baca

Biasanya, seseorang dapat membaca rata-rata dengan kecepatan 250 kata setiap menit. Tapi dengan teknik membaca cepat, Anda bisa membaca dengan kecepatan antara 700 sampai 1000 kata per menit.



Kemampuan membaca sangat erat kaitannya dengan kerja otak. Dengan menggunakan teknik membaca cepat, otak akan bekerja lebih optimal, dibandingkan saat ketika Anda membaca dengan kecepatan rata-rata.

Dengan membaca cepat, konsentrasi Anda akan menjadi lebih baik. Perhatian Anda menjadi lebih tidak mudah teralihkan dengan apa yang ada di sekitar Anda. Anda juga dapat memahami naskah bacaan dengan lebih baik.

Menurut Tony Buzan, “Reading is to the mind as aerobics training is to the body.” Membaca adalah olahraga untuk otak. Semakin Anda sering berolahraga, maka tubuh Anda akan semakin kuat. Misalnya, semakin Anda sering Anda berenang, maka kecepatan renang Anda akan semakin bertambah.

Demikian juga dengan membaca. Semakin Anda sering membaca, kecepatan membaca Anda juga akan semakin cepat. Membaca cepat memang membutuhkan latihan, agar Anda dapat mencapai kecepatan membaca yang maksimal.

Membaca Cepat: Membaca Dengan Otak

Membaca cepat pada dasarnya adalah membaca dengan otak. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari hal ini. Karena waktu kecil diajari untuk membaca dengan keras atau bersuara, maka ketika sudah besar dan lebih sering membaca dalam hati, kebiasaan-kebiasaan saat membaca dengan bersuara itu tetap dilakukan. Membaca dalam hati menjadi kegiatan yang sama dengan membaca keras, hanya saja kita tidak bersuara saat membaca.

Padahal, kecepatan otak kita melebihi kecepatan mulut kita. Membaca dengan keras adalah kegiatan membaca yang hanya mengandalkan mulut. Sedangkan dalam membaca cepat, justru otaklah yang sangat diandalkan. Mata digunakan untuk melihat huruf-huruf yang membentuk susunan kata dan kalimat. Membaca cepat adalah kegiatan membaca dengan otak.

Salah satu syarat untuk bisa membaca cepat adalah dengan memperbaiki konsentrasi. Konsentrasi bisa diperbaiki, antara lain dengan memilih tempat yang lebih tenang untuk membaca. Dengan begitu, otak Anda bisa menjadi lebih fokus untuk menyerap naskah bacaan. Ketika otak lebih fokus dalam membaca, maka ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan:

1. Perhatian Anda tidak mudah teralihkan

Ketika otak merasa tenang dan fokus, maka perhatian Anda akan tidak mudah untuk teralihkan. Saat perhatian tidak mudah teralihkan, maka otak Anda akan semakin baik dalam menyerap isi bahan bacaan.

2. Mata lebih terkoordinasi

Membaca cepat sangat membutuhkan koordinasi mata yang baik. Gerakan mata itu sebenarnya liar, sehingga membutuhkan panduan. Otaklah yang memandu gerakan mata. Karena mata hanya bisa melihat jelas di satu area tertentu, maka mata harus sering dilatih. Dengan sering berlatih membaca cepat, mata akan terlatih untuk melihat jelas kalimat yang perlu dipahami.

3. Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan mind mapping

Mind mapping adalah suatu teknik yang menggunakan kata kunci, sehingga otak mampu memperoleh informasi dengan lebih mudah. Saat membaca cepat, Anda akan lebih mudah untuk menemukan kata kunci, yang sangat berguna untuk memahami bacaan dengan lebih mudah dan cepat.

4. Postur tubuh menjadi lebih baik

Apa hubungannya membaca dengan postur tubuh? Begini, untuk bisa membaca cepat, Anda diminta untuk melakukan hal-hal yang akan membantu Anda berkonsentrasi. Salah satu cara agar bisa berkonsentrasi ketika membaca adalah menemukan posisi yang nyaman. Posisi yang paling nyaman untuk membaca cepat adalah duduk tegak namun rileks, dengan telapak kaki dibiarkan di lantai. Dengan posisi ini, Anda bisa membaca dengan konsentrasi yang lebih baik. Posisi ini juga membantu agar postur tubuh Anda terlihat lebih baik.

 

Tips dari Tony Buzan Bagi Anda yang Baru Memulai Membaca Cepat

Membaca cepat sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi, memang membutuhkan niat dan ketekunan untuk belajar. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal teknik membaca cepat, ada beberapa tips yang diberikan oleh Tony Buzan:

1. Usahakan untuk membaca di suasana yang kondusif

Maksudnya, carilah tempat yang tepat untuk membaca. Anda tidak akan bisa membaca cepat dengan baik jika tempatnya berisik atau tidak memberikan cahaya yang cukup. Jadi, pastikan untuk membaca cepat di tempat yang tenang dan cahayanya cukup. Tempat seperti ini akan membuat Anda merasa siap berkonsentrasi untuk membaca.

2. Arahkan mata Anda

Sebagai pemula, Anda bia menggunakan alat bantu seperti pena, lidi atau jari Anda untuk menunjuk huruf-huruf, kata-kata, atau kalimat yang Anda baca. Aat-alat bantu itu akan memandu mata Anda untuk menangkap lebih banyak kata atau frasa. Semakin lama, mata Anda akan dapat menangkap kata-kata atau frasa dengan lebih cepat.

3. Jangan bolak-balik membaca kalimat berulang-ulang

Saat membaca, usahakan untuk tergoda mengulang untuk membaca kata-kata atau frasa yang sudah Anda baca. Hal itu akan memperlambat Anda saat membca. Selain itu juga bisa membuat mata Anda menangkap kata-kata atau frasa yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal itu malah bisa membuat Anda bingung ketika melanjutkan kembali membaca kaliamt berikutnya.

4. Semakin cepat Anda membaca, Anda akan semakin memahami materi bacaan

Otak Anda sebenarnya lebih nyaman ketika Anda bisa membaca minimal 400 kata setiap menit. Dengan kecepatan ini, informasi lebih cepat ditangkap dan disimpan dalam memori Anda.

5. Sabar dan tekun

Walaupun namanya membaca cepat, tapi Anda tidak perlu memaksa diri Anda untuk bisa segera menguasai teknik membaca cepat. Ikuti saja formula The Plus One Rule. Maksudnya, usahakan saja untuk menambah satu kata setiap menit ketika Anda belajar membaca cepat. Tidak perlu ngotot untuk menambah banyak kata setiap kali berlatih membaca cepat. Dengan The Plus One Rule, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda membaca cepat tanpa merasa stres.

Setelah Anda melakukan tips dari Tony Buzan tersebut, ada baiknya juga Anda mencari bantuan profesional jika ingin lebih memahami tentang teknik membaca cepat ini. Jika Anda ingin menggabungkan keterampilan membaca cepat dan mind map sekaligus, Anda bisa belajar langsung dari pakarnya di sini.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!