Memahami pentingnya kecepatan pada proses membaca sangat penting. Beberapa riset telah menunjukkan hubungan dekat antara kecepatan baca dan tingkat pemahaman seseorang terhadap suatu bahan bacaan.

Dengan mengetahui faktor penentu kecepatan baca baik faktor fisik maupun mental dalam proses membaca, kita akan dapat memperbaiki tingkat kecepatan dan pemahaman atau yang disebut dengan kecepatan baca efektif dengan signifikan.

konsentrasi-membacaKonsentrasi dalam membaca by tanjila ahmed

Apa saja faktor yang akan menentukan kecepatan baca efektif seseorang? Mari kita lihat satu per satu.

 



1. Mengenali kebiasaan baik dan buruk dalam membaca

Kebiasaan yang baik akan membantu Anda untuk memiliki kecepatan yang cenderung lebih tinggi. Sementara kebiasaan yang buruk akan membuat kecepatan baca kita menjadi lebih lambat.

Adapun diantara kebiasaan-kebiasaan ini termasuk kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan sambil telungkup, maupun kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penghambat dalam proses membaca seperti membaca kata satu per satu, membaca sambil bersuara atau menyuarakannya dalam hati , regresi dan berbagai kebiasaan lain.

Oleh karena itu, Anda harus menyadari betul bahwa kebiasaan menjadi faktor penentu dalam kecepatan membaca. Kita perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang buruk dan menggantinya dengan kebiasaan membaca yang baik. Termasuk bagaimana memperhatikan ergonomi dan posisi tubuh yang nyaman, yang rileks ketika Anda sedang membaca.

 

2. Jangkauan kata yang bisa dibaca sekali lihat (vision span)

Faktor berikutnya adalah jumlah kata yang bisa kita lihat dan baca dalam sekali pandang. Jika Anda bisa melihat sekaligus 3 kata dalam sekali lihat maka kecepatan baca kita akan sangat terbantu dibandingkan dengan jika kita hanya melihat satu kata per sekali lihat.

Oleh karena itu Anda perlu terus menerus melatih kemampuan menangkap jumlah kata sebanyak mungkin dalam sekali lihat. Jumlah kata yang ideal berkisar antara 3 sampai 4 kata. Lebih dari 4 kata, mungkin sudah cukup sulit karena membutuhkan jangkauan mata yang sangat lebar. Namun 3 atau 4 kata secara umum bisa dicapai oleh banyak orang.

 

3. Irama mata yang harmonis

Faktor ketiga, bagaimana kita memiliki irama gerak mata yang harmonis. Irama gerak mata yang teratur, yang baik, akan membantu mata bergerak dengan cepat dan teratur. Ini juga akan membantu kita untuk melakukan sinkronisasi antara apa yang dilihat oleh mata dan apa yang diproses oleh otak.

Saya sangat menyarankan Anda untuk terus menerus mengulang, latihan untuk menggerakkan mata ini, karena setelah Anda terbiasa mata Anda akan bisa bergerak dengan cepat secara alami. Jika ini dipadukan dengan kemampuan melihat jumlah kata yang banyak sekaligus dan kebiasaan baca yang baik, maka akan memberi dampak sangat besar pada kecepatan baca kita.

 

4. Fokus dan konsentrasi saat membaca

Dan terakhir faktor yang menentukan kecepatan baca kita adalah bagaimana kita bisa fokus dan konsentrasi ketika kita sedang membaca. Banyak orang membaca tapi pikirannya ada di tempat yang lain. Ditambah lagi distraksi atau gangguan yang dapat membuyarkan fokus dan konsentrasi selama kegiatan membaca.

Misalkan Anda membaca sambil duduk di depan TV, sambil membagi perhatian antara membaca dengan menonton atau mendengarkan tayangan TV. Apa-apa yang akan Anda kuasai dari proses membaca di depan TV tersebut akan sangat terbatas dibandingkan jika Anda mematikan TV tersebut dan fokus hanya pada kegiatan membaca.

Kita perlu berlatih bagaimana membaca dengan fokus dan konsentrasi. Kenapa fokus dan konsentrasi ini menjadi penting? Karena membaca adalah sebuah pekerjaan yang tidak bisa disambi dengan pekerjaan yang lain. Kalau Anda menyambinya, maka kualitas baca kita akan jauh menurun, baik kecepatan maupun pemahaman karena membaca merupakan proses yang cukup kompleks.

Jadi jika Anda ingin membaca dengan cepat, ingin membaca dengan pemahaman yang tinggi, mulailah menghilangkan kebiasaan buruk dalam membaca, perlebar jangkauan mata dan miliki irama mata yang harmonis. Ditambah dengan fokus dan konsentrasi yang terjaga, kecepatan baca efektif Anda akan melesat ke level baru.



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!