Berikut bagian ketiga dari artikel berseri Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat.

Tips Kelima: Lihat Ulasan maupun Endorsement

Biasanya di sampul buku juga dicantumkan beberapa kalimat yang merupakan kutipan pendapat tokoh-tokoh tertentu tentang buku tersebut. Kalimat-kalimat semacam ini disebut endorsement.

Harus diakui, banyak sekali yang pencantumannya sekedar untuk mendongkrak angka penjualan. Kadang kalimatnya hanya pujian kosong, kurang berisi, bahkan ada pula yang agak out of context. Namun di sisi lain, ada pula endorsement yang bermutu dan kritis.



Terlepas dari itu, endorsement ini sangat bermanfaat untuk mengambil sedikit gambaran tentang isi buku. Anda bisa mengetahui pada sisi apa buku ini kuat, aspek apa yang menonjol, bagaimana gaya penyajiannya, dan lain sebagainya.

Dengan memancing clue semacam ini ke dalam kepala Anda sejenak sebelum membaca, Anda telah mempersiapkan struktur konsep di kepala. Ini membantu Anda paham lebih cepat.

Di sisi lain, Anda juga bisa membuktikan reputasi para endorser itu maupun penerbitnya.

Apakah mereka tidak obyektif dan bisa mengatakan apa saja demi mendongkrak penjualan sebuah buku meski isinya mengecewakan?

Atau apakah para endorser maupun penerbit itu cukup obyektif tentang isinya?

Jika endorsement tidak obyektif, Anda bisa lebih berhati-hati memilih buku dengan endorser atau penerbit yang sama.

Sebaliknya jika endorser memberi penjelasan bermutu dan bermanfaat, Anda bisa mencatat siapa saja endorser dan apa penerbitnya sebagai pertimbangan pembelian buku berikutnya.

Efek sampingnya, selain mempercepat bacaan dan pemahaman? Anda akan… kritis mengenai sebuah buku dan isinya.

 

Tips Keenam: Baca (dan Perhatikan) Daftar Isi

Tidak ada yang lebih menggambarkan isi sebuah buku daripada Daftar Isi nya. Mungkin ini tips yang terpenting untuk saya sendiri. Saya tidak pernah membaca sebuah buku tanpa terlebih dahulu memperhatikan daftar isinya.

Daftar isi adalah gambaran skema isi buku. Apa yang lebih menggambarkan sebuah konsep selain skema tentang itu? Akan ada sangat banyak clue yang bisa Anda ambil dari sana.

Cara penyajian? Kesimpulan? Up and downs? Sudut pandang penulis? Gagasan inti? Semua ada di sana. Gunakan saja sedikit imajinasi dan prediksi, Anda sudah memegang garis besar gagasannya.

 

Artikel selanjutnya:

Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat (4) – Simak Glosarium dan Baca Pendahuluan



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!