Membaca cepat atau speed reading adalah teknik membaca yang bisa mempersingkat waktu untuk membaca. Membaca cepat bukanlah membaca dengan kecepatan tinggi. Membaca cepat adalah membaca dengan efektif dan efisien.

Membaca cepat adalah membaca dengan teknik tertentu. Dengan teknik ini, maka jika biasanya Anda membaca buku setebal 300 halaman dalam waktu satu bulan, bisa dipangkas menjadi 2 minggu.

Anda jadi bisa membaca buku lebih banyak. Membacapun akan menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan.

Coba bayangkan jika keuntungan membaca cepat ini juga dirasakan oleh para remaja. Mereka yang masih berstatus sebagai pelajar itu tentu akan jadi gemar membaca. Dengan begitu, wawasan mereka akan menjadi lebih luas. Mereka tidak akan percaya begitu saja pada informasi-informasi yang saat ini banyak beredar di media sosial.

Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja

Kini, sudah terbit buku ‘Membaca Cepat: Untuk Pelajar & Remaja. Buku ini diterbitkan oleh Grasindo dari kelompok Kompas Gramedia.

Buku ini mengulas tentang teknik-teknik dasar membaca cepat, khusus untuk para pelajar dan remaja. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi bergambar yang menarik, serta contoh-contoh bahan bacaan dengan tema-tema yang pas bagi para remaja.

Dengan membaca buku ini, maka para pelajar dan remaja dapat mempelajari teknik-teknik membaca yang lebih cepat dan cerdas. Dengan begitu, anggapan bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan dapat diminimalkan, bahkan dihilangkan.

Teknik dasar membaca cepat yang dijelaskan dalam buku ini bisa membuat para pelajar dan remaja ini mampu membaca 52 buku dalam setahun. Tentu saja, jika mereka benar-benar mau mempelajari dan melatih teknik-teknik yang diajarkan dalam buku ini dengan rajin.

Selain mengajarkan teknik-teknik dasar membaca cepat, buku ‘Membaca Cepat: Untuk Pelajar & Remaja’ ini juga menjelaskan mengenai cara-cara yang bisa membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Misalnya tentang posisi dalam membaca, cahaya yang dibutuhkan, sampai cara meningkatkan konsentrasi ketika sedang membaca.

Mengapa Pelajar dan Remaja Perlu Belajar Membaca Cepat?

Jawabannya tentu saja karena membaca sebenarnya adalah salah satu tugas utama seorang pelajar. Ilmu-ilmu yang diajarkan oleh para guru di sekolah harus diperdalam dengan membaca buku-buku teks atau mencari referensi tambahan di media lain, seperti dari internet.

Jika pelajar tidak menguasai teknik membaca cepat ini, maka mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca buku-buku tersebut. Karena kegiatan anak muda zaman sekarang cenderung banyak, maka membaca buku teks bisa dianggap mengganggu kegiatan lainnya. Akibatnya, pelajar jadi malas membaca.

Kalau membaca buku teks wajib dari sekolah saja sudah malas, bagaimana dengan membaca buku-buku lainnya? Padahal, membaca sama dengan membuka jendela dunia. Dengan membaca, banyak informasi yang akan diperoleh.

Selain itu, membaca juga sangat penting bagi kesehatan otak manusia. Jika para pelajar dan remaja itu dibiasakan untuk punya hobi membaca sejak mereka masih muda, tentu hal ini akan baik bagi perkembangan dan kesehatan otak mereka. Mereka akan lebih mudah untuk memilih dan memilah informasi yang berguna bagi mereka. Mereka juga tidak akan menjadi cepat pikun.

Itu adalah manfaat membaca. Sedangkan manfaat membaca cepat bagi para pelajar dan remaja itu antara lain adalah:

1. Agar mereka bisa memilah informasi penting

Di masa sekarang ini sangat banyak sumber bacaan, bahkan bisa dibilang bahwa di masa sekarang ini terjadi ledakan informasi. Pelajar dan remaja jadi dituntut untuk bisa memilah-milah, mana informasi yang penting atau tidak untuk mereka. Informasi yang terlalu banyak akan membuat mereka bingung. Dengan teknik membaca cepat, mereka dapat memilih dan memilah dengan cepat mengenai informasi atau sumber bacaan mana yang mereka butuhkan.

2. Agar mereka cepat menguasai informasi

Tentu saja, jika mereka bisa membaca dengan lebih cepat (dengan teknik membaca yang tepat), mereka dapat lebih cepat menguasai informasi dari bahan bacaan yang mereka baca.

3. Agar pemahaman mereka saat membaca semakin meningkat

Dengan teknik membaca cepat, maka mereka akan lebih memiliki pemahaman bahan bacaan dengan lebih baik.

Semua itu bisa terjadi karena teknik membaca cepat akan membuat seseorang menjadi lebih fokus ketika sedang membaca.

Dilengkapi Dengan Sekilas Tentang Mind Map

Tidak hanya tentang teknik dasar membaca cepat. Buku ‘Membaca Cepat: Untuk Pelajar & Remaja’ ini juga dilengkapi dengan sekilas tentang mind map.

Mind map adalah teknik berpikir dan mencatat yang diajarkan oleh Tony Buzan. Sama dengan membaca cepat, mind map juga berfungsi untuk mengefisienkan waktu ketika mempelajari suatu informasi.

Jadi, misalnya seorang pelajar harus mempelajari tentang sistem pencernaan manusia, maka dia tidak perlu menghafal kata demi kata yang ada dalam buku teksnya. Dia hanya perlu untuk memahami apa maksud dari kata-kata itu, untuk kemudian menyimpannya di dalam otaknya. Saat waktunya ujian tiba, dia tidak perlu lagi menghafalnya karena sudah memahaminya.

Jadi, membaca cepat dan mind map memang sangat berkaitan.

Buku ‘Membaca Cepat: Untuk Pelajar & Remaja’ ini bisa Anda berikan untuk putra-putri tercinta, agar mereka semakin menyukai kegiatan membaca.

Jika Anda ingin agar mereka mendapatkan teknik membaca cepat yang lebih tinggi lagi, Anda bisa menghubungi kami di sini.

Jika Anda ingin membeli secara online, silakan beli buku membaca cepat untuk anak di sini.