Setiap tahun, buku-buku baru selalu terbit. Bagi yang hobi membaca, biasanya sudah mengetahui, buku-buku baru apa yang akan diburunya. Tapi bagi mereka yang baru akan memulai kebiasaan membaca, akan bingung untuk menentukan buku apa yang hendak dibeli dan dibacanya.

Untuk Anda yang masih bingung, hendak memulai kebiasaan membaca, ada beberapa buku yang direkomendasikan. Buku-buku ini direkomendasikan oleh para orang sukses di dunia. Membaca memang salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para orang sukses.

Kesuksesan memang bukan berasal dari buku apa yang dibaca. Tapi, sebuah langkah menuju kesuksesan bisa terinspirasi oleh buku-buku. Siapa tahu, Anda juga bisa menyusul kesuksesan mereka.

Ada 10 buku yang direkomendasikan oleh para pengusaha sukses dunia. Minggu ini, kita akan melihat lima di antaranya.

1. The Checklist Manifesto (Atul Gawande)

buku yang dibaca para orang sukses dunia

Tom Martin, CEO Glance, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak, merekomendasikan buku ini. Menurut Tom, buku ini memberikan pemahaman yang baik mengenai pentingnya membuat checklist.

Checklist itu maksudnya adalah membuat perencanaan detail mengenai apa saja hal yang harus dilakukan ketika kita hendak melakukan sesuatu. Misalnya, seperti yang dilakukan oleh seorang pilot. Sebelum terbang, maka seorang pilot akan men-checklist mengenai apa saja yang penting dalam perjalanannya nanti. Dia akan memeriksa kesiapan dan kelengkapan pesawat dengan detail dan teliti. Hal itu adalah untuk memastikan bahwa pesawat benar-benar siap terbang 100 persen.

Atau seorang pengusaha yang membuat checklist mengenai apa saja yang perlu dilakukan dan dikembangkan setiap minggu, demi kemajuan bisnisnya.

Dengan terbiasa membuat checklist, maka kita bisa menghindari adanya kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

2. The Four Agreements (Miguel Ruiz)

buku inspiratif internasional

Bob Armour, CMO Jellyvision, yang juga bergerak di bidang perangkat lunak, menganggap bahwa buku ini adalah sebuah panduan praktis agar kita bisa menjadi pribadi yang bebas dalam mencari solusi sebuah masalah di dunia kerja.

Intinya, kita hanya harus menjalani beberapa kesepakatan, yaitu tidak melakukan sesuatu berdasarkan gosip atau rumor, tidak mencampurkan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan, tidak berasumsi, dan melakukan usaha yang terbaik dalam segala hal.

Dengan terbiasa melakukan kesepakatan-kesepakatan tersebut, maka kita akan terhindar dari hal-hal yang sifatnya negatif, serta terbiasa untuk berpikir positif yang rasional.

Selain untuk mengatasi masalah pekerjaan, Bob juga menggunakan Empat Kesepakatan ini untuk menganalisa sebuah konflik, sehingga dia bisa memahami mengapa ada orang yang memiliki reaksi negatif. Dengan begitu, hal itu akan menjadi peringatan baginya untuk tidak melakukan hal yang sama ketika berhadapan dengan konflik.

3. The Only Game in Town: Central Banks, Instability, and Avoiding the Next Collapse (Mohamed A. El-Erian)

buku rekmendasi para orang sukses dunia

Buku ini direkomendasikan oleh Sallie Krawcheck. Dia adalah co-founder dan CEO sebuah perusahaan investasi digital, Ellevest.

Menurut Sallie, buku ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tertarik di bidang investasi. Buku ini sangat membantu karier Sallie ketika masih bekerja di Wall Street. Ketika itu, Sallie mengalami berbagai hal yang up and down.

Buku ini sangat membantu mereka untuk memahami dunia pergerakan saham. Meskipun tidak ada yang bisa memprediksikan tepat mengenai apa yang akan terjadi, namun buku ini sangat memberikan gambaran.

4. The Varieties of Human Experience (William James)

rekomendasi buku 2018

Dan Lee, direktur NextDesk, merekomendasikan buku ini untuk Anda. Dan melihat bahwa buku ini sangat menjelaskan mengenai pentingnya cara berpikir manusia.

Ketika berusia 16 tahun, Dan sudah lulus SMA. Saat itu dia merasa bahwa gurunya sangat memaksakan dirinya untuk cepat lulus, karena mereka sudah tidak tahan dengannya. Ketika masuk ke perguruan tinggi, Dan mengenal sosok bernama William James. William James adalah bapak psikologi modern.

Lewat buku ini, Dan belajar bahwa jika kita bisa mengubah cara berpikir kita, maka kita bisa mengubah dunia. Hal itu rupanya sangat membekas dalam diri Dan. Dan akhirnya mulai membaca kisah-kisah orang sukses. Dia mempelajari kebiasaan, pemikiran, serta filosofi hidup mereka. Dari situ, dia mengubah cara berpikirnya menjadi cara berpikir pengusaha. Sejak itu, Dan merasa bahwa apa yang disebutkan William James dalam buku ini adalah tepat.

“William James benar-benar membuat saya mewaspadai apa yang saya pikirkan dan membuka mata saya untuk mempelajari apa saja hal-hal yang bisa melumpuhkan dan mengendalikan masa lalu,” kata Dan.

Well, tertarik untuk membaca buku ini juga?

5. Moonwalking With Einstein: The Art and Science of Remembering Everything (Joshua Foer)

rekomendasi buku bagus untuk dibaca

Yang merekomendasikan buku ini untuk Anda baca adalah Adam Tishman, CEO Helix, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Adam mengatakan bahwa buku ini sangat layak untuk dibaca karena mengandung pemahaman mengenai hal yang penting dalam dunia usaha yang kompetitif seperti sekarang ini.

Buku ini mengajarkan mengenai pentingnya kita menghargai cara kerja otak kita. Otak kita ini sebenarnya mampu untuk membantu kita mencari jalan keluar setiap masalah. Masalah itu bisa saja masalah pekerjaan, atau masalah pribadi.

Adam merasa, apa yang dijelaskan dalam buku ini benar-benar membantunya menghargai otaknya. Ternyata, apa yang dijelaskan dalam buku ini benar-benar dapat diaplikasikan dalam kehidupannya.

Membaca memang dapat memberikan banyak inspirasi. Tidak sedikit kesuksesan yang dimulai dari kebiasaan membaca. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan membaca yang efektif dan efisien. Dengan begitu, akan lebih banyak inspirasi yang dapat Anda serap dari buku-buku atau bahan bacaan lainnya.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!