Dalam proses membaca, mata dan otak saling bekerjasama. Mata berfungsi sebagai indra yang menangkap teks bahan bacaan sedangkan otak memahami makna bacaan sehingga tercipta pemahaman. Mengetahui bagaimana kedua organ tubuh ini bekerjasama akan membantu Anda memahami bagaimana sebenarnya proses membaca berlangsung.

Ketika kita melihat sebuah benda atau objek, maka mata akan mempersepsi benda yang dilihat. Kemudian mata akan mengirim sinyal dari gambar tadi ke otak untuk diproses lebih lanjut.

Di dalam otak akan terjadi proses mencerna dan memberi pemaknaan. Lewat informasi lain yang sudah disimpan sebelumnya, otak akan berusaha memberi pemahaman terhadap informasi yang diberikan oleh mata.

hubungan-mata-otak-1

Di otak terjadi proses sintesis, proses analisis maupun pengenalan terhadap struktur pola dan irama dari objek yang sedang kita lihat. Secara sederhana inilah koordinasi antara mata dan otak dan bagaimana mereka bekerja sama untuk menciptakan sebuah pemahaman.



Sekarang bagaimanakah mata dan otak kita bekerja sama ketika kita sedang membaca?

Mari kita lihat prosesnya.

 

Koordinasi Mata dan Otak Dalam Baca Cepat

Ketika membaca mata melihat kelompok kata. Mata melakukan persepsi terhadap kata-kata tersebut kemudian mengirim sinyal ke otak tentang teks yang dilihat. Kita melihat objek sebagai sebuah gambar. Apa-apa yang kita lihat, termasuk teks yang kita baca sekalipun, akan dilihat sebagai sebuah gambar.

hubungan-mata-otak-2

Ketika membaca kata-kata yang pernah kita kenali sebelumnya, maka proses persepsi dan pengenalan kata akan berlangsung lebih cepat. Ini karena otak kita sudah menyimpan pola gambar untuk kata-kata tersebut. Inilah alasan mengapa Anda bisa membaca teks yang hurufnya sudah dibolak balik. Mata Anda menyimpan memori tentang kata-kata yang biasa Anda lihat dari kumpulan huruf yang sudah dibolak balik.

Itu mengapa orang yang rajin membaca akan relatif membaca lebih cepat daripada orang yang jarang membaca. Ini terjadi karena orang yang rajin sudah menyimpan banyak kata-kata sebelumnya. Kata tersebut sudah tersimpan di otak dan ketika dilihat dalam tulisan dapat dipersepsi dengan lebih cepat.

Nah sekarang kita sudah mengetahu bagaimana proses persepsi terhadap kata-kata diteruskan ke otak dan diuraikan maknanya dengan cepat.

Ini berarti, semakin cepat mata bisa menangkap sebanyak mungkin kata, maka otak pun punya kapasitas untuk mengolahnya.

Dalam belajar membaca cepat, kita melatih bagaimana mata bisa secepat mungkin memberi informasi ke otak berupa kumpulan kata, kumpulan teks, kumpulan kalimat. Dengan itulah otak mendapat makanan untuk bekerja dan memproses makna dan pemahaman terhadap informasi yang diberikan.

Dalam membaca cepat kita akan melatih mata kita untuk bekerja tadi dengan lebih cepat dan juga otak kita supaya terbiasa memproses informasi dalam volume yang tinggi yang diberikan oleh mata.

 

Penutup

Dari penjelasan di atas, sekarang Anda tentunya sudah mengetahui bagaimana mata dan otak bekerja dalam proses membaca. Latihlah mata Anda untuk bergerak lebih cepat dan biasakan otak Anda untuk memproses informasi dengan cepat pula. Ingat, otak punya kemampuan super yang jarang dimanfaatkan secara maksimal.

Jangan lupa untuk rajin membaca karena kebiasaan tersebut akan membuat jam terbang Anda melihat berbagai kosa kata menjadi lebih tinggi. Akibatnya, ketika Anda membaca, sangat banyak kata-kata yang sudah dimengerti sebelumnya sehingga proses membaca akan terasa jauh lebih cepat dan lebih menyenangkan.

Anda juga bisa belajar secara khusus lewat training online yang bisa diakses di sini.



Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!