Jika Anda ingin membaca dengan cepat, maka penguasaan kosakata (vocabulary) menjadi penting. Kosakata adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang. Semakin kaya kosakata Anda, semakin lebih mudah Anda untuk menjadi pembaca cepat.

kosakata-membacaBeberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menguasai lebih banyak kosakata tidak saja mampu membaca lebih cepat namun juga memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Hubungan Penguasaan Kosakata dan Dasar Kemampuan Membaca Cepat

Dasar kemampuan membaca cepat adalah mengenali kata. Kecepatan Membaca ditentukan dari kemampuan untuk mengenali kata dengan cepat dan mudahnya. Semakin kita terbiasa melihat sebuah kata maka kata tersebut akan jauh lebih cepat untuk kita kenali kembali sehingga meningkatkan kecepatan baca. Bahkan menurut satu penelitian di Inggris, mata sebenarnya hanya butuh dua huruf untuk mengenali satu kata.

Saya yakin Anda sanggup membaca teks dibawah ini tanpa kesulitan berarti walaupun mungkin lebih lambat dari biasanya.

Kmaemuapn mbecmaa cpeat trkeiat eart dngean kmaemuapn mngelnaei ktaa. Mnuasia mngenelai breabgai ktaa lweat bkuu dan tlisaun ynag dbiacaayn. Ktaa-ktaa tbuesret dsimiapn dlaam mmorei oatk dan aakn dinalkei lbeih cpeat ktikea dtemuikan kmblaei pdaa baahn baacan ynag brau.

Dalam contoh di atas, kata-kata tersebut sudah pernah Anda baca, sudah pernah Anda pelajari sebelumnya. Sehingga dengan demikian walaupun ada huruf-huruf yang dibolak-balik dalam sebuah kata ataupun ada huruf-huruf yang hilang dalam sebuah kata, Anda akan tetap bisa mengenalinya dengan baik.

Selain lebih cepat dalam mengenali sebuah kata, seorang pembaca cepat juga harus berlatih dan membiasakan diri membaca beberapa kata sekaligus (blok demi blok), dan menangkap maksud dari dari sekelompok kata tersebut dengan terus berlatih memperlebar fiksasi mata.

Fiksasi mata kebanyakan orang (mata berpindah per kata):

fiksasi-pembaca-kebanyakan Fiksasi mata seorang pembaca cepat (mata berpindah per kelompok kata):

fiksasi-pembaca-cepatDua dasar keterampilan membaca cepat inilah yang menjadikan mengapa orang yang rajin membaca secara natural memiliki kecepatan yang relatif lebih cepat dibandingkan orang yang jarang membaca karena penguasaan kosakata yang telah dimiliki sebelumnya sehingga lebih mudah mengenali suatu kata sekaligus juga memahaminya.

3 Tips Mengembangkan Penguasaan Kosakata

Seseorang yang lebih banyak menguasai kosakata akan cenderung lebih mudah dalam menangkap suatu informasi daripada mereka yang memiliki kemampuan kosakata yang rendah sehingga pemahaman bacanya menjadi relatif lebih tinggi juga.

Jadi, memperkaya kosakata yang Anda miliki adalah salah satu kunci memperbaiki kecepatan sekaligus pemahaman Anda dalam membaca. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperkaya kosakata Anda:

1. Teruslah membaca sebanyak dan sekonsisten mungkin. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memperkaya kosakata Anda dibanding dengan membaca. Bacalah berbagai jenis bahan bacaan yang variatif. Semakin luas dan dalam jenis bahan bacaan Anda semakin banyak kata-kata baru yang Anda pelajari dari waktu ke waktu.

2. Perhatikan dan sadari kata-kata baru yang Anda temui saat membaca. Jika Anda tidak tahu persis arti atau maksud suatu kata, cobalah memahami dari konteks kalimatnya. Beri tanda kata yang tidak Anda mengerti sehingga Anda dapat melihatnya kembali belakangan. Setelah itu Anda dapat memastikan arti kata tersebut dalam kamus. Cara lainnya yang lebih mudah adalah dengan langsung menanyakan arti kata tersebut pada orang di sekitar Anda atau seseorang yang Anda anggap mengetahuinya.

3. Cobalah segera memakai kata baru tersebut. Setelah Anda memahami kata baru tersebut, Anda dapat mencoba menggunakannya dalam bentuk percakapan maupun tulisan. Menulis kata dalam sebuah kalimat akan membantu Anda mengingat kata tersebut. Menggunakan kata-kata baru dengan segera akan mempercepat proses penyerapan dan penyimpanan kata tersebut dalam bank kosakata di otak Anda.

Demikian beberapa tips untuk memperkaya kosakata Anda. Biasakan diri Anda dengan kata-kata baru yang Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat mengenali dan memahaminya dengan cepat saat Anda membacanya kembali pada kesempatan membaca yang lain. Kosakata yang berlimpah akan membantu melejitkan kemampuan membaca cepat yang Anda miliki saat ini maupun di masa mendatang.

Photo Credit: Lectura by Cuando apretas un tomate…