Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam proses membaca. Konsentrasi akan menentukan apakah Anda bisa memahami dengan baik atau tidak. Jika Anda berkonsentrasi, proses membaca akan lebih baik dan cepat sehingga Anda bisa menguasai materi dengan baik. Sebaliknya, jika konsentrasi kurang, Anda bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam membaca tanpa menguasai apapun.

Hubungan Antara Membaca dan Konsentrasi

Dalam proses membaca, konsentrasi sangat dibutuhkan untuk memastikan terciptanya pemahaman. Kita membaca dengan tujuan untuk bisa memahami apa-apa yang kita baca. Nah, disinilah letaknya peran dari konsentrasi. Anda bisa saja membaca tanpa konsentrasi, namun tentu Anda akan kesulitan memahami dengan baik isi bacaan. Membaca dengan cepat dipadukan dengan konsentrasi yang tinggi, akan menghasilkan sebuah pemahaman. Disinilah letak penting dari konsentrasi dalam proses membaca cepat.

By the iPads Glow Konsentrasi dalam membaca diambil dari george.bremer

Dengan konsentrasi yang baik maka tingkat pemahaman yang tinggi dapat dimungkinkan meskipun Anda membaca dengan kecepatan yang relatif jauh lebih cepat daripada kebanyakan orang. Oleh karena itu, kita nanti akan perlu untuk mengenali apa saja yang menganggu konsentrasi kita ketika membaca. Anda perlu tahu bagaimana konsentrasi Anda terganggu dan bagaimana cara Anda mengatasi gangguan- gangguan yang menyita konsentrasi tadi.

 

Faktor Pengganggu Konsentrasi

Apa saja faktor pengganggu konsentrasi?

Jawabnya sangat banyak.

Mulai dari yang sederhana sampai yang berat. Kita coba lihat satu persatu.

 

Pertama: Kelelahan

Kadang-kadang kita sudah lelah pulang dari kantor, pulang dari pekerjaan, baik itu secara fisik maupun secara mental. Kelelahan fisik kita capek sementara mental, kita habis mengerjakan suatu pekerjaan yang menyita pikiran. Jika Anda mengalami kelelahan maka sedikit banyaknya konsentrasi akan terpengaruh. Dengan demikian ada baiknya kita mengambil istirahat sejenak sebelum Anda mulai dengan proses membaca yang lebih serius.

konsentrasi-membaca-2 Faktor kelelahan diambil dari Joe Athialy

Kedua: Tertekan (Stress)

Faktor pengganggu berikutnya adalah jika kita banyak pikiran atau kadang-kadang stess. Jika Anda punya banyak pikiran maka Anda mungkin membaca tapi pikirannya teralihkan ke tempat yang lain atau Anda merasa tertekan karena sebuah persoalan. Maka ini pun akan mengalihkan konsentrasi kita dari bahan bacaan yang seharusnya kita usahakan untuk dipahami ke hal lain yang menjadi sesuatu yang menghambat pikiran kita.

 konsentrasi-membaca-3 Faktor stres diambil dari net_efekt

Ketiga: Bosan

Tak jarang kita merasa bosan atau jenuh dalam melakukan sesuatu. Nah, jika Anda mengalami kebosanan maka hal yang bisa diterapkan adalah coba lakukan kegiatan lain yang tidak biasa Anda lakukan atau coba pindah ke tempat yang lain. Ini akan menghindarkan rasa bosan tadi dan kita akan mencoba berada di tempat dengan suasana yang baru.

 konsentrasi-membaca-4 Faktor bosan diambil dari Max Crowe

Keempat: Gangguan

Gangguan penghambat konsentrasi ini bermacam-macam. Yang paling lazim adalah gangguan berupa suara. Suara yang keras, suara yang berisik akan mengganggu konsentrasi Anda.

Nah termasuk selain gangguan yang sifatnya suara atau sesuatu yang jelas-jelas menganggu adalah kadang-kadang kita membaca tapi sambil online. Anda mungkin sedang browsing di internet, perhatian Anda teralihkan dengan website yang lain. Atau Anda sambil membaca, cuma Anda juga aktif membuka e-mail Anda, membuka facebook Anda. Nah, ini pun akan menganggu konsentrasi kita.

konsentrasi-membaca-5 Faktor gangguan diambil dari birgerking

Jadi, gangguan-gangguan yang ada selama Anda bisa mengatasinya, selama Anda meminimalisirnya, maka lakukanlah hal itu. Karena itu akan sangat menganggu konsentrasi kita yang pada ujungnya akan menganggu pemahaman Anda dalam membaca.

 

Tips Berkonsentrasi

Saya memiliki tips untuk melakukan konsentrasi. Apa saja tips itu? Yang pertama adalah hindari gangguan-gangguan yang ada. Jika Anda membaca di tempat yang ribut, maka pergilah ke tempat yang lebih tenang. Jika ada suara televisi yang berisik, matikanlah televisi tersebut. Jika ada gangguan-gangguan yang lain maka atasilah terlebih dahulu.

Kemudian untuk berkonsentrasi Anda bisa melakukan latihan sederhana. Jadi Anda bisa menutup mata Anda, kemudian Anda tarik nafas dalam-dalam. Keluarkan nafas tadi secara perlahan dan sambil Anda menghirup dalam-dalam maupun mengeluarkan nafas tadi secara perlahan, rasakan pikiran yang rileks. Bayangkan Anda dalam situasi yang nyaman atau situasi yang tenang. Bayangkan juga sesuatu yang indah, sesuatu yang luas dan nyaman. Ini akan membuat Anda merasa segar dan Anda siap untuk melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

konsentrasi-membaca-6Contoh visualisasi diambil dari James Forsyth

Jadi, setiap kali Anda mau membaca, terlebih untuk membaca yang butuh konsentrasi tinggi, Anda bisa lakukan exercise sederhana ini cukup satu atau dua menit dan ini akan membawa perbedaan yang berarti dalam meningkatkan konsentrasi Anda.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!