Membaca adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Bagi mereka, membaca bukan hanya untuk mendapatkan informasi atau jawaban, melainkan sebagai pelepas ketegangan dan media untuk melarikan pikiran sejenak dari kenyataan sehari-hari.

Tak heran kalau banyak penghobi baca yang mencari atau menyiapkan tempat khusus untuk membaca buku demi mendapatkan kenyamanan maksimal. Beberapa memilih tempat yang tenang, sebagian lainnya justru menyukai tempat-tempat ramai dan tidak ada privasi.

Ternyata, pemilihan tepat favorit untuk membaca juga menunjukkan kepribadian si pembaca. Apa sajakah itu? Kita simak, yuk.

Tempat tidur

memilih tempat untuk membaca yang paling tepat

Anda adalah pecinta buku tulen. Anda sangat menikmati membaca buku pada setiap menitnya sampai Anda merasa meninggalkan dunia nyata dan tenggelam dalam bacaan. Anda senang kalau mendapat kesempatan untuk menghabiskan hari melulu di tempat tidur hanya untuk membaca. Bahkan Anda tak segan menjadikan “ingin menyelesaikan baca buku anu” sebagai alasan menolak kencan, jalan-jalan, atau acara sosial lainnya.

Sofa ruang tamu

training membaca cepat bahasa indonesia

Anda perfeksionis dan sedikit gila kuasa. Kenyamanan adalah hal utama yang Anda perhatikan saat mulai membuka buku. Biasanya, sebelum memulai ritual membaca, Anda sudah menyiapkan sofa tempat Anda membaca sedemikian rupa, misalnya menaruh minuman dalam jangkauan atau menyiapkan bantal-bantal nyaman di sekitar Anda. Meski perfeksionis, Anda rela membiarkan sejenak tetesan kopi Anda yang tumpah sedikit akibat tersenggol, kalau buku yang Anda baca benar-benar bagus.

Bathtub

cara mudah menghafal bacaan

Anda senang membaca sambil berendam di bathtub? Wah, jarang-jarang sih yang seperti ini. Tapi biasanya mereka yang senang membaca buku sembari berendam begini adalah orang-orang yang senang memanjakan diri sendiri. Entah karena merasa kegiatan sehari-hari begitu menekan ataukah memang Anda hanya senang saja melakukannya. Anda menyiapkan lilin-lilin aromaterapi untuk mendukung suasana, Anda tambahkan garam mandi untuk membantu melepas penat. Meski membaca dalam kondisi seperti ini kadang hanya bisa sebentar, paling hanya beberapa halaman buku, karena air bisa segera menjadi suam-suam kuku atau terlalu dingin.

Luar ruang

training membaca cepat online berbahasa indonesia

Kalau Anda senang membaca buku di taman, bawah pohon rindang atau di halaman berumput, sambil menikmati kehangatan sinar matahari, dikelilingi orang-orang lain yang sedang bercengkerama, Anda tergolong orang yang romantis, setia, dan berorientasi keluarga. Meskipun duduk di atas rumput ternyata tak seromantis yang Anda baca dalam novel, karena ternyata membuat gatal, Anda tak peduli. Meski tenggelam dalam bacaan, Anda senang melakukan hal itu sambil menyadari ada orang-orang di sekitar Anda.

Kereta komuter atau bus umum

tempat baca yang paling menyenangkan

Anda adalah orang yang produktif dan efisien. Memang, tenggelam dalam bacaan dalam kereta bukan berarti Anda lalu menjadi lupa kalau di sekitar Anda itu berisik, entah dari mesin kereta, maupun bus. Berhimpitan dengan penumpang lain, kadang juga ada bau-bau tak sedap yang menguar. Anda tak peduli dan merasa sayang jika tidak menggunakan waktu sekian jam atau menit selama perjalanan, tanpa melakukan hal bermanfaat, seperti membaca buku.

Perpustakaan

pengaruh tempat membaca terhadap hasil baca

Anda biasanya orang yang sangat aktif. Otak Anda bisa bekerja sangat cepat dan multitugas. Ketika memilih perpustakaan untuk membaca, Anda juga bertujuan mengistirahatkan pikiran. Siapa yang tidak merasa nyaman berada di tempat yang sepi, suara-suara teredam ribuan buku, dan cahaya redup, namun cukup untuk membaca?

Meja dapur atau meja makan

tempat membaca yang disarankan

Anda adalah orang yang fleksibel, bisa membuat apa saja nyaman bagi Anda. Anda bisa saja duduk bersila bermenit-menit saat hanyut membaca buku. Kursi meja makan atau meja dapur yang biasanya keras pun tak mengganggu Anda duduk berlama-lama di situ. Anda juga penyuka beragam genre buku dan bukan orang yang gampang menyerah, sehingga selalu membaca buku apa pun hingga tamat, meski kadang isinya membosankan atau ‘nggak banget’ buat Anda.

Warung kopi

memaksimalkan tempat baca agar lebih mudah membaca

Rupanya, suara bising mesin espresso, perbincangan pengunjung kedai kopi di meja-meja lain, dan musik justru membuat anda makin fokus dalam membaca. Agak mirip dengan mereka yang suka membaca di taman atau luar ruang, Anda suka membaca dikelilingi sedikit kesibukan di sekitar Anda. Anda menemukan kenyamanan membaca sambil ditemani kopi atau teh, di antara hingar-bingar yang halus.

Tempat kerja atau kampus

tempat membaca yang paling tepat untuk membaca

Anda menyempatkan membaca di antara pekerjaan atau saat istirahat menanti kelas berikutnya di kampus? Biasanya Anda adalah seorang pemberontak. Memang tidak terlalu ekstrem derajat pemberontakannya, tapi Anda sangat menyukai sensasi terfokus pada bacaan pada saat mestinya Anda menyelesaikan pekerjaan. Saat dosen Anda memberikan kuliah atau rekan-rekan kerja Anda sedang membincangkan proyek baru di sekitar Anda, Anda bisa mengunci pikiran pada buku. Tapi jangan salah, meski terkesan melalaikan kewajiban, Anda sebetulnya pekerja keras yang kadang-kadang butuh melarikan pikiran ke tempat lain supaya tidak stres.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!