Kebiasaan membaca memang seharusnya dipupuk sejak seseorang masih anak-anak. Kebiasaan ini bisa mulai dipupuk dengan memberikan hadiah buku jika anak-anak dianggap telah melakukan sesuatu yang baik. Sayangnya, kebiasaan membaca yang sudah dipupuk sejak dini ini bisa sangat berkurang ketika anak memasuki usia remaja. Disinyalir, penyebabnya adalah media sosial.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang. Dari jumlah itu, 80 persen di antaranya adalah para remaja, yang berusia antara 15 – 19 tahun. Yang diakses oleh para remaja itu adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Karena merasa lebih asyik dengan media sosial, para remaja jadi melupakan kebiasaan membaca. Padahal, kebiasaan ini sangat penting bagi perkembangan mereka kelak. Kebiasaan membaca juga bisa membuat mereka untuk tidak gampang percaya dengan apa yang disebar lewat media sosial.

Kenapa para remaja biasanya jadi malas membaca? Alasan paling utama adalah karena para remaja menganggap bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan. Mereka menganggap bahwa membaca tidak bisa membuat mereka jadi gaul. Membaca juga bisa membuat mereka jadi kuper alias kurang pergaulan, karena membaca biasanya dilakukan sendirian.

Selain itu, para remaja jadi malas membaca karena sudah malas melihat buku yang tebal-tebal. Mereka menganggap, membaca buku tebal berarti harus menghabiskan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Akibatnya, membaca tidak lagi menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Berbeda dengan ketika mereka masih anak-anak, yang belum mengenal dunia media sosial.

Para Remaja Belum Mengetahi Teknik Membaca Cepat

Seandainya para remaja itu sudah mengetahui bahwa ada yang namanya teknik membaca cepat, tentu mereka akan lebih antusias untuk membaca. Dengan teknik membaca cepat ini, maka membaca buku tebal bisa diselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Sedikitnya ada tiga manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengetahui teknik membaca cepat:

1. Kegiatan membaca menjadi lebih singkat

2. Lebih mudah untuk mengetahui topik bahan bacaan

3. Dapat lebih cepat menemukan informasi yang dibutuhkan dari bahan bacaan

Dengan begitu, maka kegiatan membaca akan menjadi lebih efektif.

Jika kegiatan membaca tidak lagi dianggap sebagai kegiatan yang menghabiskan waktu, maka para remaja akan lebih menyukai membaca. Dengan membaca, mereka akan lebih banyak mendapatkan informasi, sehingga bisa tidak akan kalah gaul dengan teman-temannya yang lebih memilih untuk asyik dengan media sosial. Bahkan, remaja yang gemar membaca akan terlihat lebih menonjol dibandingkan teman-temannya.

Sudah Beredar Buku Membaca Cepat Untuk Remaja & Pelajar

buku membaca cepat terbaik untuk remaja dewasa bahasa indonesia

Jika ingin mengetahui mengenai manfat membaca cepat dan teknik dasar untuk membaca cepat, saat ini sudah terbit buku Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja. Buku ini ditulis oleh Muhammad Noer dan diterbitkan oleh Grasindo dari kelompok Kompas Gramedia.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan, khas remaja. Dilengkapi juga dengan ilustrasi dan contoh-contoh latihan, agar belajar membaca cepat bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan.

Buku ini menjelaskan, kenapa membaca bisa jadi lebih cepat dengan teknik membaca cepat. Kalau biasanya buku yang tebalnya 300 halaman bisa diselesaikan dalam waktu satu bulan (atau lebih), maka jika kita menguasai teknik membaca cepat, buku setebal itu akan selesai dalam waktu maksimal dua minggu.

Dengan membaca buku ini, maka para pelajar dan remaja dapat mempelajari teknik-teknik membaca yang lebih cepat dan cerdas. Dengan begitu, anggapan bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan dapat diminimalkan, bahkan dihilangkan.

Teknik dasar membaca cepat yang dijelaskan dalam buku ini bisa membuat para pelajar dan remaja ini mampu membaca 52 buku dalam setahun. Tentu saja, jika mereka benar-benar mau mempelajari dan melatih teknik-teknik yang diajarkan dalam buku ini dengan rajin.

Selain mengajarkan teknik-teknik dasar membaca cepat, buku ‘Membaca Cepat: Untuk Pelajar & Remaja’ ini juga menjelaskan mengenai cara-cara yang bisa membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Misalnya tentang posisi dalam membaca, cahaya yang dibutuhkan, sampai cara meningkatkan konsentrasi ketika sedang membaca.

Teknik Membaca Cepat Sangat Penting Bagi Para Remaja

tips agar gemar membaca

Seorang remaja biasanya adalah seorang pelajar. Di sekolah, para pelajar ini tentu diharuskan untuk membaca banyak buku. Jika membaca dianggap sebagai kegiatan yang membosankan, tentu akibatnya bisa fatal. Para remaja jadi akan malas membaca, padahal membaca sangat penting untuk masa depan mereka.

Kalau membaca buku teks dari sekolah saja sudah malas, bagaimana mungkin mereka mau membaca buku-buku yang tidak diwajibkan dari sekolah? Apa jadinya kalau remaja ini terus-terusan malas membaca sampai mereka duduk di bangku kuliah nanti? Padahal, seorang mahasiswa sangat diwajibkan untuk banyak membaca, baik membaca buku-buku yang diwajibkan, maupun yang tidak.

Selain tentang teknik membaca cepat, buku Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja ini juga dilengkapi dengan sekilas mengenai mind map. Mind map ini sangat berkaitan dengan teknik membaca cepat.

Mind map adalah teknik berpikir dan mencatat yang diajarkan oleh Tony Buzan. Sama dengan membaca cepat, mind map juga berfungsi untuk mengefisienkan waktu ketika mempelajari suatu informasi.

Jadi, misalnya seorang pelajar harus mempelajari tentang sistem pencernaan manusia, maka dia tidak perlu menghafal kata demi kata yang ada dalam buku teksnya. Dia hanya perlu untuk memahami apa maksud dari kata-kata itu, untuk kemudian menyimpannya di dalam otaknya. Saat waktunya ujian tiba, dia tidak perlu lagi menghafalnya karena sudah memahaminya.

Anda bisa mendapatkan buku Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja ini di toko-toko buku terdekat. Buku ini juga bisa digunakan sebagai hadiah untuk remaja Anda, agar dia semakin menyukai kegiatan membaca.

Jika setelah membaca buku ini, para remaja masih ingin terus mempelajari teknik membaca cepat tingkat lanjut, silakan hubungi kami di sini.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!