Bagi sebagian orang, membaca adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang. Sebagai hiburan di sela-sela kesibukan bekerja. Tapi bagi beberapa orang yang lainnya, membaca adalah kewajiban. Misalnya untuk para pelajar dan mahasiswa. Kalau tidak membaca buku teks atau buku-buku referensi lainnya, maka mereka tidak akan dapat belajar dengan baik.

Bagi yang merasa bahwa membaca adalah suatu kewajiban, maka dibutuhkan cara membaca yang tepat. Tujuannya adalah agar kegiatan membaca menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan cara membaca yang tepat, maka Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mengulang-ulang materi bacaan yang ada.

Apa saja yang harus Anda lakukan agar dapat membaca dengan efektif? Ada beberapa tips sederhana untuk Anda:

1. Membaca sambil mendengarkan musik instrumental

  membaca sambil mendengarkan musik

Beberapa orang punya kebiasaan membaca sambil menggumamkan kata-kata yang dibacanya. Kebiasaan membaca seperti ini ternyata sangat tidak efektif. Selain membutuhkan energi ekstra, hal ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca.

Bagi yang sudah terbiasa, akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan ini.

Tapi, ada trik yang bisa Anda lakukan jika ingin menghilangkan kebiasaan ini, yaitu dengan mendengarkan musik instrumental. Hal ini bisa membuat otak menjadi lebih berkonsentrasi dan fokus pada bahan bacaan. Karena, saat Anda menggumamkan kata-kata yang Anda baca itu, otak Anda akan terdistraksi, sehingga Anda malah akan terganggu. Akibatnya, perlahan-lahan Anda akan menghilangkan kebiasaan tersebut.

2. Mengunyah permen karet

Tujuannya sama dengan membaca sambil mendengarkan musik instrumental. Dengan mengunyah permen karet, maka Anda akan kesulitan untuk menggumamkan kata-kata dari bahan bacaan.

3. Pastikan jarak pandang yang tepat

Jarak pandang yang paling pas untuk membaca adalah 30 cm. Artinya, jarak mata Anda dengan bahan bacaan adalah 30 cm.

Jarak pandang ini dapat membantu mata agar lebih fokus pada bahan bacaan, sehingga membaca menjadi lebih efektif. Jarak pandang ini juga bisa membuat mata menangkap lebih banyak kata-kata saat membaca.

Kalau jaraknya terlalu dekat atau terlalu jauh, maka hal itu dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Akibatnya, Anda bisa lebih cepat lelah atau bahkan pusing saat membaca.

4. Membaca beberapa kata sekaligus

Maksudnya adalah membaca dengan menangkap beberapa kata dalam sekali lihat. Hal ini tentu akan lebih efektif daripada Anda membaca satu per satu kata yang ada dalam bahan bacaan.

Dengan membaca beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat, maka Anda juga akan lebih cepat untuk memahami makna dari kalimat yang dibaca. Dengan begitu, kegiatan membaca akan menjadi lebih efektif.

5. Menunjuk kata-kata yang dibaca

  hal yang memperlambat membaca

Anda bisa mengunakan jari telunjuk atau bantuan pensil/bolpen untuk menunjuk susunan kata-kata yang Anda baca.

Dengan cara ini, maka Anda dapat terhindar dari kebiasaan mengulang-ulang kata-kata yang sudah Anda baca. Dengan menunjuk susunan kata yang Anda baca, maka Anda akan semakin fokus saat membaca.

Jika Anda lebih fokus, maka kegiatan membaca akan menjadi lebih efektif.

Membaca sambil menunjuk dengan menggunakan jari atau pensil/bolpen ini juga akan membuat Anda yakin, tidak ada kalimat atau kata-kata yang terlewat.

6. Memberi tanda pada bagian-bagian yang penting

Jika Anda menemukan ide utama atau bagian-bagian penting pada kalimat yang Anda baca, berilah tanda dengan menggunakan highlighter.

Walaupun kelihatannya sepele, namun hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih mudah untuk menangkap dan memahami ide utama atau maksud dari bahan bacaan itu.

7. Buat diri senyaman mungkin saat membaca

Membaca dengan posisi yang paling nyaman akan menghindarkan Anda dari sibuk mengubah-ubah posisi saat membaca. Tentu, hal ini akan membuat Anda menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi saat membaca.

Tips di atas dapat membuat kegiatan membaca Anda menjadi lebih efektif.

Jika Anda ingin agar kegiatan membaca Anda menjadi lebih efektif, Anda dapat mempelajari teknik membaca yang disebut dengan teknik membaca cepat (speed reading).

Dengan teknik membaca cepat, maka selain dapat membaca dalam waktu yang lebih singkat, Anda juga dapat memahami bahan bacaan dengan lebih baik.

Untuk mempelajari teknik membaca cepat, Anda dapat melihatnya di sini.