Photostock-boy2

Berikut bagian ketiga dari artikel berseri Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat.



Tips Ketiga: Familiarisasi Materi

Pada dasarnya, semakin Anda terbiasa, kenal, atau familiar dengan istilah, konsep maupun bidang pengetahuan dari apa yang akan Anda baca, Anda akan semakin cepat membaca dan memahaminya. Demikian juga jika Anda sudah mengenal gaya atau struktur tulisan seorang penulis tertentu, misalnya.

Sebelum Anda mulai membaca, lakukan sedikit review mengenai apa yang sudah Anda ketahui tentang subyek yang akan Anda baca itu. Misalnya jika Anda akan membaca tentang pendidikan anak, beri kepala Anda waktu beberapa menit untuk sedikit mengingat kembali apa yang sudah diketahuinya tentang itu. Hal yang sama juga dilakukan untuk subyek-subyek lainnya: betapapun sederhananya, atau sulitnya, subyek pengetahuan yang akan dibaca.

Dengan demikian, kepala Anda akan mempersiapkan dulu struktur pengetahuan yang relevan dengan apa yang akan Anda baca. Materi baru yang akan Anda baca itu akan melengkapi struktur tersebut, atau justru merombak dan memperbaiki struktur itu. Dengan selalu melakukan familiarisasi, strukturisasi dan restrukturisasi konsep seperti ini, apa yang Anda baca biasanya akan sangat lama Anda ingat dalam kepala Anda.

Tips lain, bisa juga Anda lakukan satu hal lagi: baca terlebih dahulu (secara sepintas) glosarium atau penjelasan istilah yang digunakan dalam buku tersebut di belakang, jika ada. Ini akan sangat membantu kepala Anda mempersiapkan struktur konsep yang akan dibangunnya.

 

Tips Keempat: Buat Prediksi

Biasakan untuk membuat prediksi tentang materi bacaan sebelum membaca. Coba perkirakan apa isi tersebut, tentang apa, bagaimana cara penulis menjelaskannya, dan apa kesimpulannya. Lakukan ini sebelum membaca.

Jika Anda akan membaca novel, misalnya, dari cover, sinopsis maupun corak art-cover nya, prediksi bagaimana kisahnya, seperti apa tokohnya, bagaimana jalan ceritanya, dan sebagainya.

Kebiasaan ini akan membuat kegiatan membaca menjadi sangat menarik. Apa yang Anda baca akan membuktikan bahwa Anda benar, atau justru sebaliknya: isinya di luar dugaan Anda. Benar atau salah, dua-duanya membuat membaca materi ini menjadi sesuatu yang ‘menantang’ dan mengasyikkan.

Dan tentu saja, mempercepatnya.

 

Artikel selanjutnya:

Tips Membaca dan Memahami Lebih Cepat (3) – Lihat Ulasan, Endorsement dan Perhatikan Daftar Isi

 

Photo Credit: photostock

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!