Untuk mereka yang kutu buku, membaca adalah hal yang sangat menyenangkan. Mereka bisa membaca selama berjam-jam. Kalau buku bacaannya belum selesai dibaca, mereka bahkan bisa sampai lupa makan dan mandi.

Tapi untuk sebagian orang lainnya, membaca bisa dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Tidak heran, bagi beberapa orang, baru membaca sehalaman dua halaman saja sudah membuat matanya terasa berat, alias mengantuk.

Padahal, mungkin saja ada beberapa bahan bacaan yang harus diselesaikan. Misalnya demi nilai di kampus atau di sekolah, atau memang ada informasi yang harus dicari dari bahan bacaan tersebut.

Gampang mengantuk waktu membaca bisa membuat orang jadi malas membaca. Karena merasa bahwa akan segera mengantuk, maka Anda akan berpikir bahwa membaca adalah kegiatan yang sia-sia.

Sebenarnya, mengantuk akibat membaca adalah sesuatu yang wajar. Sebagian besar buku memiliki latar belakang putih dengan tulisan hitam. Warna yang kontras ini membuat mata sulit untuk merespon. Warna putih akan membuat iris mata menciut, sedangkan warna hitam membuat iris mata melebar. Ketika iris mata ‘bingung’ harus menciut atau melebar dalam waktu yang bersamaan, maka mata menjadi lelah. Bisa ditebak, Anda jadi mengantuk.

Penyebab orang jadi mudah mengantuk saat membaca, antara lain adalah:

1. Kondisi tubuh

Karena terlalu sibuk beraktivitas, maka tubuh Anda menjadi lelah. Jadi ketika membaca, yang dilakukan sambil duduk diam, tubuh Anda malah memberikan isyarat bahwa itu adalah waktu untuk beristirahat. Akhirnya, Anda malah jadi mengantuk.

2. Motivasi untuk membaca

Membaca sangat membutuhkan motivasi. Jadi, saat motivasi Anda untuk membaca kurang atau tidak ada, maka membaca akan menjadi hal yang sangat membosankan. Akibatnya, Anda mengantuk saat sadang membaca.

3. Pencahayaan

Pencahayaan yang kurang atau justru terlalu terang dapat membuat mata cepat lelah saat sedang membaca. Akibatnya, Anda jadi mudah mengantuk.

Dari ketiga penyebab ini, maka yang paling berpengaruh pada mata adalah masalah pencahayaan.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ketika membaca buku dengan warna latar putih dan tulisan hitam, maka mata akan lelah. Penyebabnya adalah karena iris mata kebingungan, apakah harus melebar atau menciut. Nah, hal ini bisa diatasi dengan cahaya. Pencahaan yang cukup akan membuat iris mata lebih fokus pada deretan huruf-huruf yang berwarna hitam. Hal inilah yang dapat menghindarkan Anda dari gampang mengantuk saat membaca.

Karena pencahaan menjadi salah satu hal penting yang dapat membantu kita agar tidak mudah mengantuk saat membaca, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Mengatur posisi duduk

menentukan posisi duduk yang tepat untuk membaca

Maksudnya adalah, aturlah posisi duduk Anda untuk membelakangi sumber cahaya. Jadi sumber cahaya, seperti lampu atau sinar matahari, tidak akan langsung mengarah pada mata Anda, tapi pada bahan bacaan. Usahakan juga agar tubuh Anda tidak menutupi sumber cahaya. Hal tersebut bisa membuat pergerakan iris mata Anda akan lebih stabil, sehingga mata tidak mudah lelah.

Tidak kurang dan tidak lebih

kecerahan pada saat membaca

Cahaya yang Anda gunakan untuk membaca juga harus pas, alias tidak kurang dan tidak lebih. Kurang cahaya dapat membuat mata bekerja lebih keras, sedangkan cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan mata menjadi silau. Kedua hal ini dapat membuat mata menjadi cepat lelah, bahkan bisa merusak kondisi mata.

Jika sumber cahaya yang ada memang terlalu terang, Anda bisa menggunakan bantuan topi atau kacamata hitam.

Duduk tegak

duduk tegak ketika membaca

Saat membaca, disarankan untuk duduk tegak. Duduk tegak dapat membantu otak berpikir bahwa tubuh sedang tidak dalam keadaan rileks. Posisi tubuh yang terlalu santai membuat otak mengisyaratkan bahwa tubuh sedang rileks, sehingga merangsang mata untuk beristirahat. Akibatnya, Anda akan mengantuk.

Perhatikan waktu membaca

waktu yang tepat untuk membaca

Membaca memang paling pas dilakukan ketika tubuh dan otak dalam keadaan segar dan siap untuk berpikir. Jadi, pagi sampai sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk membaca.

Sementara itu, membaca sebelum tidur justru akan membuat Anda mengantuk, karena tubuh sudah dalam keadaan lelah. Apalagi, Anda membaca sambil tiduran atau bersantai, sehingga otak akan menyuruh mata untuk beristirahat.

Coba membaca di luar ruangan

membaca di luar ruangan

Pernahkah Anda melihat gambar-gambar yang menunjukkan orang sedang bersantai di bawah pohon sambil membaca?

Ternyata, membaca di bawah pohon, apalagi pohon yang rindang, dapat membantu Anda untuk menikmati bahan bacaan. Penyebabnya, Anda membaca dengan sumber cahaya alami, yaitu sinar matahari. Pohon yang rindang akan mengurangi banyaknya cahaya yang sampai pada mata Anda, sehingga cahayanya pas. Selain itu, udara segar yang ada di sekitar Anda juga membuat tubuh Anda menjadi lebih fit. Jadi, kegiatan membaca akan menjadi lebih menyenangkan.

Jadikan membaca sebagai kebiasaan

menjadikan membaca sebagai kebiasaan

Melakukan sesuatu hal yang baru biasanya akan membuat Anda kurang bersemangat atau menjadi cepat lelah. Penyebabnya, karena waktu melakukannya, tubuh Anda juga harus beradaptasi dengan kegiatan tersebut.

Tapi, ketika Anda melakukan sesuatu yang sudah sering atau biasa Anda lakukan, maka tubuh sudah terbiasa, sehingga tubuh tidak akan mudah merasa lelah.

Jadi, kalau Anda membiasakan diri Anda untuk membaca, tubuh Anda tidak akan merasa cepat lelah.

Dalam membaca juga dikenal yang disebut dengan teknik membaca cepat. Teknik ini akan mengajari Anda bagaimana cara yang pas untuk membaca, agar Anda bisa membaca dengan lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu lagi merasa bosan ketika membaca.