Mata sangat berperan dalam membaca, apalagi dalam membaca cepat. Dibutuhkan koordinasi yang baik antara mata dan otak untuk bisa membaca cepat dengan baik. Untuk itu, kondisi mata yang prima sangat dibutuhkan.

Jadi, menjaga kesehatan mata adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Jika Anda tidak menjaga kesehatan mata, maka mata Anda bisa cepat rusak atau tidak prima kondisinya.

Mata yang kondisinya tidak prima akan memberikan pengaruh yang kurang baik pada saat Anda membaca. Mata Anda akan cepat lelah ketika membaca. Akibatnya, baru sebentar saja Anda membaca, sudah lelah. Kalimat-kalimat yang Anda baca juga mungkin saja menjadi tidak terlalu jelas, yang bisa mempengaruhi pengertian Anda terhadap bahan bacaan tersebut.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata Anda. Mata adalah jendela dunia. Jadi kalau mata Anda tidak dapat berfungsi dengan baik, Anda tidak akan dapat menikmati keindahan dunia ini dengan baik pula. Anda juga dapat membaca dengan nyaman.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah:

  1. Menjaga pola makan

Artinya Anda harus makan secukupnya dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Menurut beberapa penelitian, kesehatan mata juga sangat ditentukan oleh zat-zat gizi yang kita konsumsi.

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, serta lutein, asam lemak dan omega 3 diketahui sangat dibutuhkan oleh mata. Zat-zat tersebut dapat membantu mata kita untuk terhindar dari masalah mata seperti katarak dan degenerasi macula mata.

Sementara itu, sayuran hijau, daging ikan salmon, kacang-kacangan dan buah-buahan dari golongan beri dapat membantu agar mata Anda tetap sehat, jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Memeriksa mata secara rutin

Bukan hanya gigi yang sebaiknya diperiksa secara rutin. Mata juga, agar kesehatannya lebih terpantau. Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun sekali. Khusus bagi mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun, pemeriksaan mata secara rutin dapat membantu mencegah penyakit mata akibat penambahan usia.

 

  1. Memakai kacamata pelindung

Khususnya ketika Anda sedang berada di luar ruangan, saat matahari sedang terik. Kacamata pelindung ini pada umumnya berwarna hitam atau cokelat tua.

Penggunaan kacamata pelindung ini dapat membantu memblok sinar UVA dan UVB agar tidak mengenai mata. Sinar UVA dan UVB ini diketahui dapat merusak mata, sehingga menyebabkan katarak, degenerasi macula, kanker kelopak mata dan membakar kornea.

 

  1. Tidak terlalu lama menatap layar komputer

Mungkin pekerjaan Anda adalah memandangi layar komputer, karena banyak data yang harus Anda perhatikan. Atau, mungkin Anda seorang penulis. Walau begitu, usahakan untuk tidak menatap layar komputer terlalu lama, demi kesehatan mata Anda.

Coba Anda gunakan skema 20:20. Maksudnya, setelah 20 menit Anda menatap layar komputer, alihkan dulu pandangan Anda selama 20 detik untuk mengistirahatkan mata. Saat beristirahat dari layar komputer ini, arahkan pandangan Anda ke arah yang jauh, minimal ke titik yang berada sekitar 6 meter dari tempat Anda duduk.  Akan lebih baik jika Anda melihat tumbuhan yang berwarna hijau.

Selain dengan skema 20:20 ini, setiap 2 jam, istirahatkanlah mata Anda selama 15 menit untuk mengurangi ketegangan yang dialami oleh mata.

 

  1. Menjalankan pola hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat artinya termasuk tidak merokok dan rajin berolahraga.

Merokok dapat memberikan pengaruh buruk kepada mata Anda, antara lain menyebabkan katarak dan mengakibatkan terjadinya kerusakan optic yang bisa membuat mata menjadi buta.

Sedangkan olahraga dapat membantu mata untuk tetap berfungsi dengan baik, karena aliran darah ke mata menjadi lancar.

 

Selain cara-cara tersebut, hal lain yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita adalah menjaganya agar tetap bersih. Jika Anda merasa ada debu yang masuk ke mata, segeralah bilas dengan air bersih. Atau bisa juga berikan tetes mata jika diperlukan.

Segera periksakan ke dokter jika Anda merasa ada yang aneh dengan penglihatan Anda.

Jika mata Anda sehat, maka Anda dapat membaca dengan baik dan nyaman. Teknik membaca cepat yang Anda pelajari juga dapat diterapkan dengan lebih menyenangkan.

Kalau Anda membutuhkan informasi seputar teknik membaca cepat, Anda bisa menghubungi kami di sini.