Siapa yang tidak kenal dengan Najwa Shihab? Perempuan cantik ini dikenal sebagai salah satu host papan atas dengan acara talkshow-nya sendiri, Mata Najwa.

Dalam setiap talkshow yang dilakukan, Najwa sering mengatakan, “Saya membaca bahwa …” sebelum dia mengajukan pertanyaan kepada para narasumbernya. Dari situ kita bisa mengetahui bahwa Najwa memang banyak membaca, demi kesuksesan acara yang dibawakannya.

Selain tuntutan profesi, Najwa rupanya memang adalah seorang yang sangat suka membaca. Bisa jadi, kemampuannya menjadi seorang presenter acara bincang-bincang ternama itu muncul karena kesukaannya membaca.

Sayang, hanya sedikit orang Indonesia yang punya kebiasaan membaca. Menurut berbagai sumber, minat membaca masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah.

Untuk meningkatkan minat baca di kalangan orang Indonesia ini, salah satu cara yang ditempuh oleh Perpustakaan Nasional adalah mengangkat Najwa Shihab menjadi Duta Baca Indonesia untuk periode 2016 – 2010.

Kepopuleran Najwa dengan acara Mata Najwa-nya itu diharapkan agar masyarakat Indonesia yang gemar menontonnya dapat termotivasi untuk juga sering membaca, seperti Najwa Shihab.

Tugas sebagai Duta Baca Indonesia tentu bukan tugas yang ringan, bahkan bagi seorang Najwa Shihab. Sangat sulit untuk mengubah kebiasaan orang Indonesia, yang memang tidak terlalu suka untuk membaca.

Untuk itu, Najwa mengajak semua orang, khususnya para orangtua, untuk menumbuhkan minat membaca sejak dini kepada anak-anaknya. Najwa sendiri memiliki tips bagi para orangtua agar dapat membantu anak-anak mereka supaya memiliki minat membaca.

Berikut ini adalah tips dari Najwa Shihab untuk menumbuhkan atau meningkatkan minat membaca, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Mulai membiasakan diri untuk membaca

cara agar membaca menyenangkan

Kebiasaan membaca dapat dimulai dari sesuatu yang kecil. Mulai membiasakan diri untuk membaca setiap hari adalah salah satunya. Tidak perlu langsung membaca sebuah buku. Minat baca ini dapat dimulai dengan membaca beberapa lembar atau halaman buku dalam sehari.

Pilihlah buku-buku yang isinya Anda sukai. Dengan begitu, ada ketertarikan dalam diri Anda untuk menyelesaikan membaca buku itu, meskipun mungkin akan membutuhkan waktu sampai berhari-hari.

Untuk para orangtua, Najwa mengajak Anda untuk setiap hari membacakan dongeng atau cerita kepada anak-anak yang belum bisa membaca. Kebiasaan membaca orangtua ini dapat menumbuhkan minat baca dalam diri anak-anak.

2. Meluangkan waktu untuk ke toko buku

tips agar suka membaca

Najwa mengatakan bahwa dirinya sangat beruntung memiliki orangtua yang gemar membaca. Setiap hari dia melihat jejeran buku yang tersimpan rapi di rak-rak buku yang memenuhi dinding rumahnya. Tidak hanya itu, sejak kecil Najwa selalu diajak untuk berjalan-jalan ke toko buku oleh ayahnya.

Menurut Najwa, hanya perlu satu buku untuk bisa menumbuhkan minat membaca. Dengan sering meluangkan waktu untuk berjalan-jalan ke toko buku dapat membuat Anda sering melihat-lihat buku-buku yang terpampang di sana. Dari sekian banyak judul buku yang ada di toko buku itu, pasti ada satu atau dua yang bisa menarik perhatian Anda.

Jika sudah tertarik dengan salah satu judul buku, maka Anda akan tertarik juga untuk melihat seperti apa isi buku itu sebenarnya. Pada saat inilah sebetulnya minat membaca sudah tumbuh dalam diri Anda. Anda tinggal memupuknya dengan membeli buku itu dan meluangkan waktu untuk membacanya sampai selesai.

3. Menonaktifkan media sosial

dampak buruk social media

Tidak bisa dipungkiri, minat baca yang sudah sedikit di kalangan masyarakat Indonesia semakin terkikis dengan kehadiran gadget dan media sosial. Semakin banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain gadget dan lebih sibuk dengan akun media sosialnya masing-masing.

Untuk itu, Najwa mengajak untuk sejenak menonaktifkan media sosial dan menggantinya dengan membaca buku. Jika hal ini dilakukan setiap hari, tentu membaca akan menjadi kebiasaan.

Memang tidak mudah untuk menumbuhkan minat membaca. Oleh karena itu, Najwa memiliki pesan atau yang sangat menarik:

“Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Carilah buku itu. Mari jatuh cinta.”

Nah, silakan segera mencari buku yang akan membuat Anda jatuh cinta padanya, maka Anda akan juga jatuh cinta pada membaca.

Download Buku "Speed Reading for Beginners"

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.
Telah didownload lebih dari 30.000 orang.
Download Sekarang.

GRATIS!